Information For Readers

We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.                                                    

ETIKA DAN MALPRAKTIK

 

Etika dan malpraktik memuat rambu-rambu yang wajib dipatuhi oleh penulis, editor maupun reviwer terkait dengan ketugasan masing-masing pihak. Rambu-rambu dapat dicermati sebagai berikut:

 

Tugas Penulis

  1. Jika naskah merupakan hasil penelitian, penulis harus menyajikan laporan yang akurat serta mendiskusikan secara proporsional. Data yang mendasari penelitian harus diwakili secara akurat dalam naskah. Naskah juga harus memuat cukup detail dan referensi yang cukup sehingga memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  2. Penulis dapat diminta memberikan data mentah sehubungan yang medasari karya tersebut untuk kepentingan tinjauan editorial. Penulis harus siap untuk menyediakan data tersebut dengan waktu yang memadai.
  3. Penulis harus memastikan keaslian dalam keseluruhan naskah mereka dan jika penulis menggunakan karya atau tulisan orag lain telah dikutip dan disitasi secara memadai.
  4. Seorang penulis tidak boleh, secara umum, menerbitkan naskah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  5. Pengakuan secara layak atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat karya yang dilaporkan.
  6. Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis samping. Di mana terdapat orang lain yang telah berkontribusi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis harus memastikan bahwa semua penulis samping memang pantas dimasukkan sebagai penulis bersama dan tidak ada penulis samping yang tidak pantas dimasukkan sebagai penulis bersama. Mereka juga telah melihat dan menyetujui versi final dari makalah tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.
  7. Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka segala konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang dapat memengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan
  8. Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya yang diterbitkan sendiri, penulis wajib segera memberi tahu editor jurnal dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah.

Tugas Editor

  1. Editor wajib mengesampingkan prasangka mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis saat mengevaluasi naskah.
  2. Editor dan staf editorial mana pun dilarang mengungkapkan informasi apa pun kepada siapa pun tentang naskah yang dikirimkan selain penulis, reviewer, calon reviewer, dan penasihat editorial lain.
  3. Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.
  4. Dewan editor bertanggungjawab terhadap keputusan atas artikel yang dipilih diterbitkan. Keputusan harus didasarkan berdasar pentingnya karya tersebut bagi peneliti dan pembaca. Untuk itu, para editor dalam pekerjaanya dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Para editor dapat mendiskusikan dengan reviewer dalam membuat keputusan ini.
  5. Editor harus memastikan bahwa setiap naskah yang dievaluasi memenuhi orisinalitas. Editor harus mengatur dan menggunakan peer review secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan proses peer review kepada penulis dan menunjukkan bagian jurnal mana yang direview. Editor harus memastikan proses peer reviewer bekerja dengan tepat dengan memilih reviewer yang memiliki keahlian yang memadai dan tepat serta menghindari reviewer yang memiliki konflik kepentingan.

Tugas Reviewer

  1. Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam memperbaiki naskah.
  2. Setiap reviwer yang merasa tidak memenuhi syarat untuk melakukan review naskah atau merasa tidak mungkin melakukan proses review dengan cepat harus menyampaikan hal ini pada editor dan mundur dari proses peer review.
  3. Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis merupakan hal yang tidak pantas. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang memadai.
  4. Setiap naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Reviewer dilarang menunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali mendapatkan izin editor.
  5. Informasi atau ide menarik yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer harus menghindakan diri dari konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan makalah.
  6. Reviewer harus mengidentifikasi publikasi karya yang relevan namun belum dikutip oleh penulis dan menyampaikannya pada penulis. Reviewer harus memastikan setiap pernyataan tentang pengamatan, derivasi, atau argumen yang telah dilaporkan sebelumnya oleh penulis harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus menyampaikan pada editor manakala terdapat naskah yang memiliki kesamaan substansial atau tumpang tindih dengan naskah lain yang sedang dipertimbangkan diterbitkan berdasarkan pengetahuan pribadinya.