EVALUASI STRUKTUR ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.47431/jirreg.v5i2.142Keywords:
Evaluasi, Struktur Organisasi, Tata KerjaAbstract
Penataan kelembagaan organisasi perangkat daerah dengan prinsip proporsional, efektif, dan efisien kini telah menjadi isu utama. Penataan kelembagaan diharapkan perangkat daerah menjadi organisasi yang efektif dalam menjalankan peran serta tugas dan fungsinya. Tiap daerah Kabupaten/Kota memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda-beda, kebutuhan terhadap beban kerja dan kemampuan daerah juga berbeda. Namun, di sisi lain, Pemerintah Daerah juga dituntut untuk melaksanakan penyesuaian terhadap regulasi yang ada, sehingga dalam prosesnya menimbulkan gap antara kebutuhan dan kemampuan Daerah dengan tuntutan kebijakan dari Pemerintah Pusat. Berdasarkan hasil penataan kelembagaan Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta ada penambahan, pengurangan dan penggabungan Struktur Organisasi sehingga perlu diteliti terkait Struktur Organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta yang ada sekarang, apakah sesuai dengan kebutuhan organisasi, menunjang Visi dan Misi Kota Yogyakarta serta memberikan pengelompokan yang logis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptiif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta disusun dengan mempertimbangkan asas efektivitas dan efisiensi sesuai kebutuhan dan kemampuan daerah. Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta termasuk dalam kelembagaan Tipe A, dalam implementasinya struktur organisasi Sekretariat Daerah tidak di optimalkan sesuai dengan Tipe A tetapi menjadi Sekretaris Daerah, 3 Asisten, 8 Bagian dengan masing – masing terdiri atas 3 Subbagian. Dalam pelaksanaan masih ditemukan kendala bahwa belum dipahaminya ketugasan dan fungsi pada Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Bagian Administrasi pembangunan, hal tersebut terjadi karena masih ada duplikasi ketugasan dengan perangkat daerah teknis lainnya.