PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN MUSRENBANG TAHUN 2020 DI KECAMATAN NENEY KABUPATEN MANOKWARI SELATAN

Authors

  • Juni Saiba SEKOLAH TINGGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA "APMD" YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.47431/jirreg.v7i1.279

Keywords:

Partisipasi, masyarakat, pembangunan rumah layak huni

Abstract

Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah Kecamatan, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan Kecamatan, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar Kecamatan. Pemerintah Kecamatan merupakan lembaga publik yang wajib menyampaikan informasi publik kepada warga masyarakat terutama pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat. Keterbukaan dan tanggungjawab kepada publik menjadi prinsip penting bagi pemerintah Kecamatan. Bagaimana Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Musrenbang Tahun 2020 Di Kecamatan Neney Kabupaten Manokwari Selatan ? dan Bagaimana partisipasi masyarakat dalam pembangunan rumah layak huni di kecamatan Neney Kabupaten Manokwari Selatan ?

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan obyek penelitian : Partisipasi Masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Neney Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat. Teknik pemilihan subyek penelitian yang digunakan adalah teknik purposive, dengan jumlah informan 10 orang. Teknik pengumpulan datanya: observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya : teknik analisis data kualitatif, dengan tahapan: reduksi data, display data dan kesimpulan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut Pertama, Proses penyelesaian program kerja Kecamatan Neney yang di lakukan oleh aparatur pemerintahan cukup mendapat respon yang positif dari masyarakat terutama dalam pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat. Kedua, Pemerintah Kecamatan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan ide untuk merealisasikan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat, dengan adanya pembangunan tersebut maka Kecamatan Neney responsive terhadap usulan dari masyarakat terutama dalampelaksanaan pembagunan rumah layak huni bagi masyarakat. Ketiga, Masyarakat Kecamatan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan ide untuk merealisasikan pembangunan rumah layakhuni yang ada di tingkat Kecamatan, sebab dengan adanya pembangunan tersebut maka pemerintah Kecamatan dalam musrenbang yang melibatkan pemerintasdesa,masyarakat dan tokoh adat di anggap sukses dalam menjalankan sebuah tugas pemerintahannya. Keempat, bentuk partisipasi secara aktif dari masyarakat yaitu pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat, karena partisipasi masyarakat juga mendorong kinerja dari pemerintah desa. Partisipasi masyarakat mengontrol jalannya pemerintahan Kecamatan dan desa yang terkait dengan pembangunan baik pembangunan yang sifatnya kepentingan bersama maupun kepentingan pemerintahan sendiri

Downloads

Submitted

2023-06-08

Accepted

2023-07-24

Published

2023-07-24