Pengembangan Komunitas Elektronik Sport di Kabupaten Ciamis

Authors

  • Luthfi Aditya Nur Pratama Universitas Galuh
  • Erlan Suwarlan Universitas Galuh
  • Irfan Nursetiawan Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.47431/jirreg.v8i1.379

Keywords:

Pengembangan komunitas, Elektronik Sport, Kabupaten Ciamis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pengembangan komunitas Elektronik Sport di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan komunitas elektronik sport di Kabupaten Ciamis. Kabupaten Ciamis merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat dengan potensi besar di bidang esport, banyak sekali talenta yang bisa bersaing dikancah nasional. Sudah banyak komunitas-komunitas dibidang esport yang lahir diciamis sendiri, namun belum bisa bersaing dalam turnamen besar esport nasional seperti di Piala Presiden Esport yang digelar setiap tahunnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan mengguanakn data primer dan data sekunder yang di lakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan langkah-langkah analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing / verification. Berdasarkan hasil penelitian wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti, bahwa pengembangan komunitas esport di Ciamis secara umum sudah berjalan secara optimal. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam yang perlu diatasi untuk memastikan bahwa pengembangan komunitas esport dapat berlangsung secara berkelanjutan salah satunya belum adanya dukungan penuh dari pihak pemerintah khususnya dari segi finansial kepada organisasi dan komunitas esport untuk memastikan keberlanjutan ekosistem esport di Kabupaten Ciamis. Untuk itu pemerintah daerah Kabupaten Ciamis melalui Disbupora telah melakukan berbagai upaya demi memastikan kegiatan pengembangan komunitas esport di Kabupaten Ciamis berjalan secara optimal salah satu nya yaitu memfasilitasi organisasi dan komunitas esport dari segi izin kegiatan dan tempat kegiatan dan juga pelatihan-pelatihan terhadap atlet.

References

Alfayet, H. (2023). Peranan Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Dalam Memajukan Elektronik Sport (E-Sport) Di Wilayah Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Batanghari Jambi).

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhtadi.,& Hermansah,T. (2013). Manajemen Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Tangerang. Uin Jakarta Press.

Nasdian. 2014. Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Persada, YB, & Putra, RBA (2020). Kajian E-Sport Dalam Ranah Olahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia , 1 (2), 588-596.

Peraturan Bupati Ciamis Nomor 105 Tentang Uraian Fungsi Kelompok Substansi Pada Organisasi Jabatan Administrator Di Lingkungan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Dan Olahraga Rencana Kerja Disbudpora Kabupaten Ciamis tahun 2023

Rizaldy, A., & Sugiyanto, S. (2022). Modernisasi Mindset Aparatur Sipil Negara Melalui Latsar Pelayanan Publik di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian dalam Negeri Regional Yogyakarta. JCOMENT (Journal of Community Empowerment), 3(2), 117-125.

Sirait, J., & Noer, K. U. (2021). Implementasi kebijakan keolahragaan dan peran pemangku kepentingan dalam peningkatan prestasi atlet. Jurnal Olahraga Prestasi, 17(1), 1-10.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suraji, S. A., & Sos, S. (2016). Menetas Jalan Baru Studi Pengembangan Masyarakat Islam di

Perguruan Tinggi Pesantren: Sebuah Jawaban di Era Global. Pesantren Management and Development towards Globalization

Sugiyanto, S. (2021). Akuntabilitas Lembaga Kesejahteran Sosial Di Daerah Istimewa Yogyakarta. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 10(1), 32-44.

Sugiyanto, S., Tiurmida, N., & Triono, T. A. (2022). A Study Of Green Independent Villages In Economic Aspects In The Special Region Of Yogyakarta. International Journal of Social Science, 2(4), 1819-1830.

Downloads

Submitted

2024-05-30

Accepted

2024-06-10

Published

2024-06-29