Peranan Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Pemuda di Desa Simpang 3 Daratan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir

Authors

  • Hendri Hendri Universitas Terbuka
  • Muhamad Firdaus

DOI:

https://doi.org/10.47431/jirreg.v8i1.389

Keywords:

Partisifasi Pemuda, Pembangunan, Pemerintah Desa.

Abstract

Penelitian ini mengenai seberapa besar peran pemerintah Desa Simpang 3 Daratan dalam meningkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan. Penelitian ini berguna untuk memahami kendala apa saja yang bisa mempengaruhi partisipasi pemuda. Manfaat yang didapat sebagai bentuk informasi bagi seluruh bagian terkait di Desa Simpang 3 Daratan. Partisipasi yang terjadi pada Pemerintah Desa Simpang Tiga masih berupa Partisipasi yang bersifat Mobilisasi. Dimana selama ini Pemerintah Desa sudah menyediakan wadah untuk para pemuda berpartisipasi dan para pemuda dberikan kebebasan dalam menyalurkan pendapatnya tanpa ada paksaan namun kebanyakan pemuda masih pasif dalam mengikuti setiap kegiatan kepemudaan yang berlangsung di Desa. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran para pemuda itu sendiri dalam berpartisipasi di dalam pemerintah Desa. Terbukti dari tingkat kehadiran para pemuda pada saat musyawarah desa yang berada dibawah 50 % dari jumlah kesuluruhan serta tingkat realisasi pelaksanaan kegiatan pemuda yang masih berada direntang kurang maksimal, Penelitian memanfaatkan kreasi deskriptif dan model penelitian kualitatif melalui strategi kelembagaan, untuk memperoleh interpretasi dan keabsahan arti berlandaskan pengalaman, kenyataan atau masalah-masalah kekinian yang pada kenyataannta terdapat di Desa Simpang 3 Daratan Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir.

References

Andriani, M. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Kelurahan Karangpanimbal Kecamatan Purwaharja Kota Banjar. Jurnal Academia Praja, 1(02), 107–124

Basu, Swastha Dharmmesta. (2019) Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta

Hardika, dkk. (2018). Transformasi Belajar Generasi Milenial . Malang : Universitas Negeri Malang.

Hidayatulah, syarif, dkk. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go- Food. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240-249.

Lukito, Penny Kusumastuti. (2014). Membumikan Transparansi Dan Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik : Tantangan Demokrasi Ke Depan. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Mukhlis dkk. (2022). Identifikasi Generasi Milenial Golongan Z di Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu. Jurnal Pendidikan ilmu social, 1(1).

Rauf, Rahyunir & Sri Maulidiah. (2015). Pemerintahan Desa. ZANAFA PUBLISHING. Pekanbaru.

Sangian, L. M. L., & dkk. (2018). Hubungan Dukungan Emosional Keluarga Dengan Penerimaan Diri pada Lansia di Desa Watutumou III. Jurnal Keperawatan, 5, (1).

Sarifah. (2016). Peranan Pemerintah Desa Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Desa Telaga Kecamatan Batu Kabupaten Kutai Timur.. Jurnal ilmu administrasi negara, 1(1).

Sawitri, N., & Kisworo, B. (2013). Partisipasi Pemuda Dalam Program Karang Taruna Desa(Studi Pada Pemuda Di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment ,2(2), Sjafrizal. 2017. Perencanaan Pembangunan Daerah dalam era Otonomi. Depok. Raja

Grafindo Persada.

Tawai, Adrian. (2017). Partisipasi Masayrakat dalam Pembangunan. Literacy Institute. Kendari Theresia, Aprilia,dkk. (2014). Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta, Timbawa, Engelbert, dkk, (2018). Peranan Pemerintah Desa untuk Meningkatkan Partisipasi

Generasi Muda dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Taturan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Tindangen,Meigi. Daisy S. M. Engka, & Patric C. Wauran . (2020). Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus: Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi,20(3), 79-87. .

Wasiyem, H. P. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi (Upaya Mewujudkan Good Citizenship). Medan: CV. Merdeka Kreasi Group.

Downloads

Submitted

2024-06-24

Accepted

2024-07-26

Published

2024-06-28