Dampak Penutupan Tiktok Shop di Indonesia

Authors

  • fuad uli addien Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD"
  • Sri Utami Atmiyati
  • Sri Martamaningtyas Setyawati

DOI:

https://doi.org/10.47431/jirreg.v8i2.473

Keywords:

Media sosial, Tiktok Shop, e-commerce

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, media sosial merupakan platform yang berkembang dengan pesat. TikTok adalah salah satu media sosial yang digemari oleh semua lapisan masyarakat dan bahkan satu-satunya media sosial yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi jual beli secara langsung melalui fitur Tiktok Shop. Adanya fitur tersebut membuat Tiktok Shop menjadi platform andalan para pelaku usaha dan konsumen dalam jual beli barang karena kemudahan yang ditawarkan. Penutupan Tiktok Shop oleh pemerintah pasti memberikan dampak bagi para pengguna sehingga mengapa hal ini perlu diteliti. Metode penelitian yang digunakan merupakan literature review dengan sumber data penelitian berasal dari jurnal yang diperoleh melalui laman web Google Scholar dan Crossref dengan hasil yang diperoleh yaitu 9 jurnal. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dampak dari penutupan TikTok Shop dapat dibagi menjadi dua kategori: dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya dirasakan oleh pemerintah, pedagang konvensional, dan aplikasi e-commerce, sedangkan dampak negatifnya dirasakan oleh penjual, affiliator dan content creator, serta perusahaan jasa pengiriman.

References

Alfarisi Trideta, R., Trisha Maulani, A., Wulandari, T., Harmono, & Yusup Permana, D. (2024). Shop Social Commerce With Tokopedia E-Commerce and the Impact. Edunity, 3(7), 514–521.

Alfarisi Trideta, R., Trisha Maulani, A., Wulandari, T., Harmono, & Yusup Permana, D. (2024). Shop Social Commerce With Tokopedia E-Commerce and the Impact. Edunity, 3(7), 514–521.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications

Emir Al-Azkiy, M., Fazira, A., Natalia Salabay, D., Gamil Abdul Bari Al Aghbari, A., & Setyowati, K. (2024). TikTok Shop Dalam Lensa Ekonomi Politik: Menilik dari Pendekatan Smithian dan Keynesian. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 10(2), 163–174. https://doi.org/10.25299/jiap.2023.13501

Faesal, F., Luqyana, nada muna, Sa’idah, N., & Aji, G. (2024). Dampak Penutupan Tiktok Shop Dalam Penjualan Produk (Studi Kasus Pedagang Tiktokshop Di Desa Ambokembang , Kedungwuni). Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 3(1), 108–114.

Halim, L., & Lie, G. (2024). Analisis Terhadap Penutupan Tiktok Shop di Indonesia. JALAKOTEK: Journal of Accounting Law Communication and Technology, 1(2), 816–821. https://doi.org/10.57235/jalakotek.v1i2.2658

Maulid Yusuf, M. F., Garusu, I. A., Hamid, A., Rauf, D. M., & Sari, I. M. (2024). Dampak Penutupan Tiktok Shop Terhadap Pengguna Dan Pelaku Bisnis Dalam E-Commerce. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISDIK), 2(1), 1–8.

Muslim, S., Muktar, M., & Diansah, S. (2023). Implikasi Hukum Penutupan TikTok Shop terhadap Regulasi Hukum Bisnis di Indonesia. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 2(10), 952–963. https://doi.org/10.58812/jhhws.v2i10.713

Rahmawati, W., K, N. G., Yuniarti, A., C, Z. E., Rahmawati, E. D., & Saryadi. (2023). Minat Konsumen Membeli Produk Online Melalui Tik Tok Shop Ditinjau Dari Kepercayaan, Kualitas Dan Pengiriman Barang. Journal of Student Research, 1(3), 39–47.

Sutinnarto, & Syaifudin, A. A. (2024). Dampak Penutupan Tiktok Shop Bagi Ekosistem E-Commerce. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–11. https://publicomm.upstegal.ac.id/index.php/publicomm/article/view/2

Song, L., & Ray Avishek. (2023). “How can a small app piss off an entire country?”: India’s TikTok Ban In the light of Everyday Techno-Nationalism. Inter-Asia Cultural Studies, 24(3), 382–396. https://doi.org/10.1080/14649373.2023.2209424

Wardani, P. S., & Oktafiah, Y. (2024). Dampak Penutupan Tiktok Shop Terhadap Omzet UMKM Offline. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 17(01), 155–166.

Zayda Sulistia Ningrum, Dhita Maulia, Maljalubna Maryam Nisrina Rush, Nadja Keona Azalia, Radian Putra Utama, Renea Shinta Aminda, & Maria Bernadette Nani Ariani. (2024). Eksternalitas Penutupan Tiktok Shop Terhadap Pendapatan UMKM. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 4(1), 76–87. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i1.16326

Downloads

Submitted

2024-12-30

Accepted

2025-01-09

Published

2025-01-17