Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Penerapan Teknologi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik
DOI:
https://doi.org/10.47431/jirreg.v9i1.505Keywords:
Efektivitas, Teknologi, Pelayanan PublikAbstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan teknologi terhadap kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analitis, Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipatif, catatan lapangan, serta studi dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif dengan tiga langkah: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan atau verifikasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa untuk menunjang efektivitas penerapan teknologi terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor diantaranya : 1) Faktor sosial, dimana dukungan sosial dari rekan kerja dan atasan dalam melaksanakan pekerjaan memiliki pengaruh dalam memanfaatkan teknologi informasi; 2) Faktor Affect, dimana para staff seharusnya memliki semangat kerja dan memiliki perasaan yang senang dalam melakukan pekerjaannya dengan menggunakan teknologi maupun aplikasi, meskipun affect ini pengaruhnya kurang signifikan tehadap pemberian layanan melalui teknologi informasi digital.; 3) Faktor kesesuaian tugas, dimana dalam pemanfaatan teknologi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai itu sendiri.
References
Anis, F. Determinan Adopsi Financial Technology Pada Industri Perbankan Dengan Menggunakan Technology-Organization-Environment (Toe) Methods Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Provinsi Lampung). Dr Diss UIN Raden Intan Lampung. 2022.
Erdawati L, Esha D. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Kinerja Pada Pegawai Bpr Di Tangerang. 2018;3.
Gelu SI, FoEh JE, Niha SS. Pengaruh Kualitas Layanan, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Customer Value terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). 2022;4(1).
Junus D, Harun N, Napir S, Nuna M, Sari SP. Analisis Kompetensi Rekrutmen Pejabat Pemerintah Kabupaten Gorontalo. J Pemerintah Dan Polit. 2024 Jan 29;9(1):15–26.
Mansur M, Agustang A, Idhan AM, Kadir Y, Nuna M. Perencanaan Partisipatif Pemerintah Desa Dan Masyarakat Dalam Mengelola APBDES. Publik J Manaj Sumber Daya Mns Adm Dan Pelayanan Publik. 2021 Dec 27;8(2):349–62.
Mulyapradan, et al. Kesiapan Perangkat Desa Dalam Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Pelayanan Publik. Pros Semin Nas FEB UNIKAL. 2022.
Muzakki, M. H., Susilo, H., & Yuniarto, S. R. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Telkom Pusat Divisi Regional V Surabaya). Dr Diss Brawijaya Univ. :2016.
Nuna M, Ahmad I, Tumuhulawa A, Junus D, Moonti RM. Implementation of Regulation Number 25 in 2009 Concerning the Public Services Toward the Regional Organizations of Gorontalo District. J Ilm Al-Syirah. 2021 Dec 29;19(2):165.
Prasetyawan AJ, Usman DB, Ip S, Ip M. Implementasi Pemanfaatan E-Government Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik Oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Banda Aceh. 2022;7.
Universitas Brawijaya, Mayowan Y. Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Desa (Studi Kasus di Kabupaten Lamongan). Profit. 2016 Feb 1;10(01):14–23.
Widiastiwi et al. Pengantar Teknologi Informasi. Widina Bhakti Persada: Bandung; 2020.
Wulandari, W. S., & Sudarno, S. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Akuntan Publik Di Semarang. Diponegoro J Account 109-119. 2013;