Strategi Komunikasi Publik KPU dalam Menjangkau Pemilih Melalui Debat Publik Pilkada 2024 di Kabupaten Gunungkidul

Authors

  • Yeti Prihana Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD"
  • Supardal Supardal Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD

DOI:

https://doi.org/10.47431/jirreg.v9i1.626

Keywords:

Pilkada, KPU, governing strategy, public debate, voters, YOUTUBE

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam demokrasi lokal yang menuntut partisipasi aktif masyarakat sebagai pemilih. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu memiliki tanggung jawab untuk menjangkau pemilih secara efektif, salah satunya melalui strategi komunikasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi publik KPU Kabupaten Gunungkidul dalam menjangkau pemilih melalui debat publik Pilkada 2024. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dengan anggota KPU dan observasi terhadap komentar pemirsa dalam tayangan ulang debat di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi publik KPU meliputi tahapan fact finding, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Namun, ditemukan bahwa pendekatan terhadap pemilih pemula belum dilakukan secara spesifik, baik dalam undangan debat langsung di studio maupun dalam segmentasi pesan di media sosial. Meskipun demikian, respons positif publik terhadap debat menunjukkan bahwa strategi komunikasi publik secara umum cukup berhasil menjangkau pemilih. Penelitian ini merekomendasikan agar KPU lebih memperhatikan segmentasi khalayak, termasuk pemilih pemula, dalam perencanaan strategi komunikasi publik ke depan.

References

Bao, B., & Samosir, P. A. (2021). Utilitas Media Sosial Dalam Peningkatan Literasi Politik Mahasiswa Universitas Sains Dan Teknologi Jayapura. Dinamis, 18(2), 125–135. https://doi.org/10.58839/jd.v18i2.923

Evi Kurnia. (2022). Reformulasi Pengaturan Debat Publik Pada Calon Tunggal Dalam Pilkada Berdasarkan Prinsip Efektivitas Pemilu. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 7(1), 8–16. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

Juditha, C., & Darmawan, J. J. (2024). Analisis Jaringan Komunikasi Warganet Pada Debat Publik Calon Presiden-Wakil Presiden Pemilu 2024 di Media Sosial Analysis of Netizen Communication Networks in the Public Debate of Presidential-Vice Presidential Candidates for the 2024 Election on Social. Pekommas, 9(3), 131–144. https://doi.org/10.56873/jpkm.v9i1.5522

Kurniawan, R. (n.d.). Pengaruh Strategi Saling Serang dalam Debat Capres terhadap Elektabilitas.

Ludvianto, M., & Arifani, W. (2020). Retorika Persuasif Dalam Debat Calon Presiden Indonesia 2019: Sebuah Analisis Komunikasi Performatif. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 7(1), 41–50. https://doi.org/10.31294/kom.v7i1.8408

Presiden Republik Indonesia. (2017). UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Undang-Undang Pemilu. http://rumahpemilu.org/wp-content/uploads/2017/08/UU-No.7-Tahun-2017-tentang-Pemilu.pdf

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul. (2024). Wawancara dengan Anggota KPU Gunungkidul. 10 Mei 2024.

TVRI Yogyakarta. (2024). Debat Pilkada Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul Putaran III [Video]. Kanal YouTube Resmi TVRI Yogyakarta. https://www.youtube.com/watch?v=-NUcd0QoSjM.

TVRI Yogyakarta. (2024). Debat Pilkada Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul Putaran I [Video]. Kanal YouTube Resmi TVRI Yogyakarta. https://www.youtube.com/watch?v=StuDcH7_8zg.

KPU Gunungkidul. (2024). Debat Putaran Pertama Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul 2024 [Video]. Kanal YouTube Resmi KPU Gunungkidul. https://www.youtube.com/watch?v=FHH6vnEvGBU.

KPU Gunungkidul. (2024). Debat Putaran Kedua Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul 2024 [Video]. Kanal YouTube Resmi KPU Gunungkidul. https://www.youtube.com/watch?v=w-VAYf4ktuU

KPU Gunungkidul. (2024). Debat Putaran Ketiga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul 2024 [Video]. Kanal YouTube Resmi KPU Gunungkidul. https://www.youtube.com/watch?v=2AW7Bj_ZyVA

Downloads

Submitted

2025-07-22

Accepted

2025-08-13

Published

2025-06-28