IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAHAN DESA TULUNGREJO DALAM MEMBANGUN EDUWISATA KAMPUNG INGGRIS PARE
DOI:
https://doi.org/10.47431/jirreg.v9i1.643Keywords:
Education, Sapta Pesona, English VillageAbstract
Wisata edukasi (eduwisata) merupakan perpaduan antara bidang pariwisata dengan bidang pendidikan, eduwisata merupakan konsep wisata yang bernilai positif yang memadukan antara kedua bidang tersebut dengan pembelajaran dan wisata. Eduwisata merupakan aktivitas pembelajaran yang sifatnya nonformal yang tidak kaku dalam aktivitas pembelajarannya. Peraturan daerah kabupaten Kediri nomor 2 tahun 2020 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan kabupaten kediri tahun 2019-2034 yang tertuang pada lampiran II tentang peraturan daerah kabupaten Kediri nomor 2 tahun 2020 telah di tetapkan pada tanggal 2 September 2020 perihal peta perwilayahan pembangunan Destinasi Pariwisata Kabupaten sebagai kawasan geografis di kabupaten Kediri. Penelitian ini akan mengkaji implementasi kebijakan pemerintahan desa Tulungrejo dalam membangun eduwisata di Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur berdasarkan tujuh sapta pesona: aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil dalam penelitian ini adalah belum berjalan dan perlu di optimalkan implementasi kebijakan antara pemerintahan Desa Tulungrejo dengan Forum Kampung Bahasa yang terdiri dari elemen masyarakat dan komunitas, harus lebih mengedepankan dan mendahulukan kepentingan warga Kampung Inggris dalam membangun eduwisata.
References
Priyanto, R. (2018). Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.31227/osf.io/g3k4
Maria Ana Sila Hayatri dan Hendi Prasetyo. (2021). Penelusuran Informasi Wisata Edukasi Menggunakan Media Sosial Instagram Melalui Hashtag #WisataEdukasiJogja. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah. Volume 15. Nomor 3. September 2021.
P. Perdana. (2019). Daya Tarik Kampung Inggris sebagai Wisata Edukasi di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Universitas Siliwangi.
Nilan Loliyana & Abdurakhman. (2022). Kyai dalam Perubahan Sosial di Pare Tahun 1970-1990. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya. Vol. 16. No.1. Tahun 2022. https://www.researchgate.net/publication/368972597_KYAI_DALAM_PERUBAHAN_SOSIAL_DI_PARE_TAHUN_1970-1990.
Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed). Alfabeta.
Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/viewFile/35372/33103.
Akib, Haedar. 2010. Implementasi Kebijakan Apa, Mengapa dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik. Vol. 1 No. 1. Hal 1-11. Universitas Negeri Makasar.
Nerustia, Arinda Novpika, Rita Rahmawati, dan Denny Hernawan. (2015). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Tata Ruang Wilayah Konservasi dan Pariwisata. Jurnal Governansi ISSN 1(1), 2015: 45-54.
Bachry, Johan. 2019. Analisis Konflik Dalam Implementasi Kebijakan Tata Ruang Wilayah di Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan di Kawasan Geopark Gunungkidul. International seminar on Administration and Develpment (INSORPAD 2020). 14-15 Oktober 2020. STISIPOL Raja Haji, Riau.
Lintang Adedari, Ratih Novi Listyawati, dan Nunung Nuring Hayati. (2023). Evaluasi Kawasan Eduwisata Kampung Inggris Pare Menurut Pengunjung di Kabupaten Kediri. Jurnal Plano Buana. Volume 4. Nomer 1. Tahun 2023. Halaman 35-44, dengan ISSN: 2746-2218, https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_plano_buana/index.
Hilmalia Ardha Dilla dan Ertien Rining Nawangsari. (2023). Strategi Pembangunan Berkelanjutan Kawasan Wisata Edukasi Kampung Inggris. Jurnal Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial. Volume 12. Nomer 2. November. Tahun 2023. Halaman 190-303 dengan P_ISSN: 2252-603X, e_ISSN: 2354-7693 http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/societas.
Nurul Mualifah dan Sri Roekminiati. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Inggris Sebagai Destinasi Wisata Edukasi di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial. Volume 2. Nomer 1. Tahun 2018 https://www.researchgate.net/publication/327251760_Pemberdayaan_Masyarakat_Kampung_Inggris_Sebagai_Destinasi_Wisata_Edukasi_di_Kecamatan_Pare_Kabupaten_Kediri.
Pipit Nurcahyaningtias, Eka Askafi, dan Imam Baehaki. (2024). Pemberdayaan Masyarakat melalui Program “Kampung Inggris Mengajar” di Kampung Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Otonomi volume 24. Nomor 1. Edisi April tahun 2024. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/5269/2517.
Nur Afni Lathifah, Agus Purnomo, dan Sukamto. (2020). Dinamika Pengelolaan Kampung Inggris Oleh Masyarakat di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal ilmu sosial dan humaniora https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/17645/16342.
Moh. Sony Wicaksono. (2016). Pelaksanaan rencana pembangunan berkelanjutan (Studi pada kampung Inggris Pare kabupaten Kediri). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP) https://www.neliti.com/id/publications/81054/pelaksanaan-rencana-pembangunan-berkelanjutan-studi-pada-kampung-inggris-pare-ka.







