Penguatan Literasi Keuangan Digital Pada Siswa-Siswi Panti Asuhan

Authors

  • Raden Muhammad Jiddan Aziz Atikah Politeknik Prasetiya Mandiri
  • Taufik Tirkaamiasah Politeknik Prasetiya Mandiri, Kota Bogor

Keywords:

literasi keuangan digital; kemandirian finansial; pengelolaan keuangan

Abstract

Penguatan literasi keuangan digital merupakan kebutuhan mendesak bagi anak-anak panti asuhan, mengingat rendahnya pemahaman mereka tentang pengelolaan keuangan modern dan tingginya risiko terpapar praktik keuangan yang merugikan seperti judi online dan pinjaman online ilegal. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Panti Asuhan Darusholihin Bogor dengan tujuan meningkatkan pemahaman anak-anak asuh tentang konsep literasi keuangan digital, termasuk pentingnya perencanaan keuangan, pengelolaan anggaran, serta penghindaran risiko keuangan digital. Metode yang digunakan meliputi sesi penyuluhan, diskusi interaktif, dan simulasi pengelolaan keuangan sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kesadaran peserta dalam mengelola keuangan pribadi secara bijaksana, menghindari praktik keuangan berisiko, serta meningkatkan kemandirian finansial. Program ini juga memberikan dampak positif dalam membangun kebiasaan menabung dan merencanakan keuangan jangka panjang. Kesadaran akan pentingnya keamanan digital dalam transaksi keuangan turut menjadi poin penting yang dihasilkan dari kegiatan ini. Dengan meningkatnya literasi keuangan digital, diharapkan anak-anak panti asuhan dapat menghadapi tantangan finansial di masa depan dengan lebih baik dan mampu mengambil keputusan keuangan yang cerdas dan bertanggung jawab.

Published

2025-04-17

How to Cite

Atikah, R. M. J. A., & Tirkaamiasah, T. (2025). Penguatan Literasi Keuangan Digital Pada Siswa-Siswi Panti Asuhan. Berdesa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). Retrieved from https://jurnal.apmd.ac.id/index.php/bds/article/view/477