Transparansi Pelayanan Kesehatan

Abstract

Abstract

Health is the most important factor in human life so that attention to the provision of health services or care has increased considerably. Based on the literature study shows that being healthy does not only mean the absence of diseases in a person or community groups, but also the fulfilment of one of the human rights and basic needs. Therefore, the government must be responsible for the provision of accessible, comprehensive and high quality heath services for the public in a transparent manner. Transparency in service deli- very is manifested in the implementation of tasks and activities that are open to the public and easily accessible by all stakeholders parties who need the information. Transparancy not only allows the public to find out various information about health service delivery in a transparent manner but also can educate the public to be aware of their rights. Thus, the success of the provision of health services can be better achieved by involving all the potential stakeholders within the community.

Keywords: transparency, service

Abstrak

Kesehatan adalah faktor paling utama dalam kehidupan manusia sehingga perhatian terhadap penyediaan pelayanan kesehatan makin lama semakin meningkat. Berdasar- kan studi kepustakaan menunjukkan bahwa keadaan sehat bukanlah hanya tidak ada- nya penyakit pada diri seseorang atau kelompok masyarakat, melainkan juga sebagai salah satu hak dan kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu, kesehatan merupakan hak warga negara yang harus dijamin oleh pemerintah, dan pelayanan kesehatannya pun haruslah sepenuhnya diberikan pemerintah dengan kualitas yang baik. Dengan de- mikian, tugas pemerintah adalah bagaimana memberikan pelayanan kesehatan yang me- nyeluruh bagi masyarakat secara transparan. Transparansi penyelenggaraan pelayanan merupakan pelaksanaan tugas dan kegiatan yang bersifat terbuka bagi masyarakat serta mudah diakses oleh semua pihak yang membutuhkan informasi. Dalam hubungan terse- but, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui berbagai informasi mengenai penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang transparan, dapat membuat ma- syarakat cerdas untuk mengetahui hak-haknya. Dengan demikian, keberhasilan pelaya- nan kesehatan dapat dicapai melalui pelibatan seluruh potensi yang terdapat di dalam masyarakat.

Kata-kata kunci: transparansi, pelayanan 

Requires Subscription PDF