Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (studi di Kalurahan Trimulyo dan Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

Authors

  • Gilbert Ardian Sasue
  • AY Oelin Marliyantoro Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Masyarakat Desa "APMD"

DOI:

https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v3i1.412

Keywords:

Kemiskinan, Implementasi, Program Keluarga Harapan (PKH)

Abstract

Kemiskinan sudah menjadi masalah yang perlu ada penanggulangan yang tepat, dalam mengatasi masalah kemiskinan dan rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut, kemudian pemerintah mengeluarkan program-program pemberdayaan salah satunya adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan Bantuan Tunai Bersyarat (BTB) yang mempunyai tujuan umum untuk mengurangi dan memutus angka kemiskinan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta mendukung upaya peningkatan kesejahteraan dari kelompok masyarakat paling miskin. Adapun yang menjadi kriteria bagi masyarakat untuk menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yaitu ibu hamil / nifas / menyusui, anak usia dini dengan rentang usia 0 – 6 tahun, anak usia sekolah dengan rentang usia 6 – 21 tahun, lanjut usia diatas 60 tahun, dan penyandang disabilitas berat yang sudah tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari serta bergantung pada orang lain dalam menghidupi diri sendiri. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, dilihat dari perbandingan tahapan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kalurahan Trimulyo dan Kalurahan Sumberagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi PKH pada kedua Kalurahan tersebut berdasarkan tahapan pelaksanaannya terdapat beberapa perbedaan pada program peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dilaksanakan pendamping Program Keluarga Harapan di masing-masing Kalurahan.

References

Fahrudin, Adi. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Refika Aditama, Bandung.

Handoyo, Eko. (2015). Studi Masyarakat Indonesia. Ombak, Yogyakarta.

Jamaludin, Adon Nasrullah. (2017). Sosiologi Perkotaan, Memahami Masyarakat Kota dan Problematikanya. CV. Pustaka Setia, Bandung.

Pramono, Joko. (2020). Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. Unisri Press, Surakarta.

Purnia, Dini Silvi dan Tuti Alawiyah. (2020). Metode Penelitian, Strategi Menyusun Tugas Akhir. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Solichin, Abdul Wahab. (2008). Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara, Jakarta.

Suharto, Edi. (2009). Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonesia: Menggagas Model Jaminan Sosial Universal Bidang Kesehatan. CV Alfabeta, Bandung.

Suyanto, Bagong. (2013). Anatomi Kemiskinan dan Strategi Penanganannya. Intrans Publishing, Malang.

Tresiana, Novita dan Noverman Duadji. (2021). Implementasi Kebijakan Publik, Pentingnya Kapital Sosial dan Koproduksi. Suluh Media, Yogyakarta.

Usman, Husaini dan Purnowo Setiady Akbar. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara, Jakarta.

Sumber Lain :

_______UU No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

_______Peraturan Menteri Sosial No. 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan.

Bappeda DIY. (2022). Kemiskinan Data Vertikal Badan Pusat Statistik. www.bappeda.jogjaprov.go.id.

Cahyadi, Deddy. (2017). Analisis Pengukuran kesejahteraan di Indonesia. Universitas Brawijaya, Malang.

Direktorat Jendral Anggaran Kementerian Keuangan. (2015). Kajian Program Keluarga Harapan.

Dukcapil. (2022). Dukcapil Kemendagri Rilis Data Penduduk Semester I Tahun 2022, Naik 0,54% Dalam Waktu 6 Bulan. www.dukcapil.kemendagri.go.id.

Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. (2021).

Febrianti, Fanni. (2021). Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kota Medan Berdasarkan Standart Kesejahteraan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Gustyarini, Nur Indah Dwi. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Jawa Tengah. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Kementerian Sosial RI. (2021). Direktorat Jaminan Sosial Keluarga, Pedoman pelaksanaan Program Keluarga Harapan. Jakarta.

Mahmud, Fajrin, dkk. (2020). Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Enrekang. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 06, No. 01 (2020). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kolaborasi/article/view/3396/0.

Pusparisa, Yosepha. (2021). Ketimpangan Ekonomi Indonesia Ada di Berbagai Sisi. www.katadata.co.id.

Siregar, Arpan. (2013). Model dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan.www.worldpress.com.

Tsabit, Ahmad Majdi. (2019). Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Melalui Zakat. Artikel Ekonomi Syariah, Vol. 01, No. 01 (2019). https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/amal/article/view/920.

Yudistira, Fauzi, dkk. 2010. Implementasi Kebijakan Publik. www.scribd.com.

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Ardian Sasue , G., & Marliyantoro, A. O. (2023). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (studi di Kalurahan Trimulyo dan Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). SOSIO PROGRESIF: Media Pemikiran Studi Pembangunan Sosial, 3(1), 16–32. https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v3i1.412

Issue

Section

Articles