ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN KRESNA TV DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM ACARA KONTEN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v1i1.163Keywords:
Strategi manajemen, Kresna TV, program acara, konten localAbstract
Dunia penyiaran televisi membutuhkan pekerjaan yang kreatif dan menarik. Pekerjaan yang kurang kreatif tentunya akan sulit mendapatkan sebuah program acara yang diproyeksikan untuk memberikan hiburan dan edukasi pada pemirsanya. Untuk itu, tim produksi dari KresnaTV harus menjalankan manajemen kreatif untuk mencapai tujuan mereka dalam membuat program acara berkonten lokal. Tim produksi berusaha memberikan yang terbaik bagi khalayaknya melalui sajian yang sudah terkonsep sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di stasiun televisi lokal Kresna TV di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan wawancara secara detail kepada pengelola Kresna TV. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami strategi manajemen Kresna TV dalam usaha memepertahankan eksisitensi program acara konten lokal. Hasil penelitian diperoleh bahwa manajemen kreatif dalam program acara Kresna TV sangatlah penting. Merancang sebuah program harus benar-benar matang, agar pada saat proses produksi sampai program acara berjalan akan disukai oleh para audiens terutama program acara berkonten lokal. Program acara Kresna TV menyajikan konten yang mengandung unsur lokal sesuai dengan budaya Yogyakarta melalui pembawa acara yang menggunakan bahasa Jawa dan topik yang disajikan sesuai wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Program acara yang disajikan bertujuan untuk menghibur dan memberikan informasi kepada audiens dengan menampilkan program acara berkonten lokal.
References
Bungin, B. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Group.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.
Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Prenada Media Group.
Morissan. (2010). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Prenada Media Group.
Morissan. (2011). Manajemen Media Penyiaran: strategi Mengelola Radio dan Televisi. Prenada Media Group.
Morissan. (2013). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Prenada Media Group.
Muhsin, H. (2021). Analisis framing pemberitaan program vaksinasi covid-19. Mediakom, 05, 34–48.
Setiawan, B. (2016). Analisis Manajemen Produksi Program Talkshow Redaksi 8 di Stasiun Tepian TV. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4.
Subroto, D. (2011). Televisi Sebagai Media Pendidikan. pustaka pelajar.
Sudarsono, Y. (2013). Menejemen Penyiaran Berita Televisi Lokal. Universitas Muhammadiyah Malang.
Wibowo, F. (2009). Teknik Produksi Program Penyiaran TV. Pinus Book Publiser.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.