ANALISIS MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PENGGUNA APLIKASI INSTAGRAM MUSLIMAH DENGAN NO POST SELFIE
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v3i1.427Keywords:
No post selfie, Privasi, Communication Privacy ManagementAbstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen privasi komunikasi pengguna aplikasi instagram muslimah dengan no post selfie. Menggunakan teori Communiction Privacy Management (CPM) oleh Sandra Petronio mengenai batasan privasi yaitu batasan-batasan yang buat oleh seseorang mengenai informasi yang dimiliki tetapi tidak diketahui orang lain, mengelola privasi yaitu sejauh mana seseorang berbagi informasi pribadinya kepada orang lain dan turbulensi privasi, kekacauan batas privasi yang berperan ketika mengelola informasi pribadi tidak sesuai dengan yang diharapkan dengan pendekatan Fenomenologi menurut sudut pandang Alfredz Schutz yang berorientasi pada kesadaran, realitas dan aktivitas sosial seseorang ketika membuat suatu pilihan dalam hidupnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa muslimah dengan no post selfie memiliki batasan privasi yang berbeda dari kebanyakan orang yaitu menjadikan foto diri sebagai sebuah privasi, dalam mengelola privasinya agar tetap terjaga, para muslimah ini lebih memperkuat boundaries (batasan) di awal untuk meminimalisir turbulensi nantinya. Ketika terjadi turbulensi privasi, para informan tetap mengedepankan adab dalam mengambil langkah untuk menjaga kembali privasinya sesuai dengan keinginannya
References
Asmaran, A., & Shafir, S. Della. (2022). Media Sosial Instagram Untuk Mendukung Eksistensi Diri @Sholahayu. Jurnal Manajemen Pendidikan Ilmu Sosial, 4 (1), 512–530. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1
Bate, A. P., & Amrullah, H. F. (2022). Pengungkapan Diri dan Manajemen Privasi Komunikasi Pasien Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19 (2), 197–216. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/jik.v19i2.4382
Dataindonesia.id. (n.d.). Pengguna Instagram di RI Capai 106,72 Juta hingga Februari 2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-instagram-di-ri-capai-10672-juta-hingga-februari-2023
Ievansyah, I., & Sadono, T. P. (2018). Personal Branding dalam Komunikasi Selebritis (Studi Kasus Personal Branding Alumni Abang None Jakarta di Media Sosial “Instagram”). Bricolage, 4 (2), 140–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1658
Nindito, S. (2005). Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (1), 79–94. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.254
Njotorahardjo, F. (2014). Manajemen Komunikasi Privasi Seorang Mantan Pria Simpanan. JURNAL E-KOMUNIKASI, 2 (3). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/3813
Petronio, S. (2002). Boundaries of Privacy: Dialectics of Disclosure. State Univercity of New York.
Santoso, A. M., Endang, A., & Indrianti, D. T. (2023). Manajemen Privasi Komunikasi Pada Selebgram Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3 (1), 77–82. https://doi.org/https://doi.org/10.53697/iso.v3i1
Suriati, Samsinar, & Rusnali, A. N. A. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Akademia Pustaka.
Syaripah, I. (2021). Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Facebook. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Winarty, S. (2024). Representasi Identitas Virtual dalam Komunikasi Mahasiswa Urban di Instagram: Studi Netnografi pada Universitas Pembangunan Jaya. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1 (3), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2517
Zakariah, M., & Askari. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.