ANALISIS MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PENGGUNA APLIKASI INSTAGRAM MUSLIMAH DENGAN NO POST SELFIE

Authors

  • Nova Rahmadhan Universitas Muhamadyah Cirebon
  • Ida Ri’aeni Universitas Muhamadyah Cirebon
  • Ririn Risnawati Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.47431/jkp.v3i1.427

Keywords:

No post selfie, Privasi, Communication Privacy Management

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen privasi komunikasi pengguna aplikasi instagram muslimah dengan no post selfie. Menggunakan teori Communiction Privacy Management (CPM) oleh Sandra Petronio mengenai batasan privasi yaitu batasan-batasan yang buat oleh seseorang mengenai informasi yang dimiliki tetapi tidak diketahui orang lain, mengelola privasi yaitu sejauh mana seseorang berbagi informasi pribadinya kepada orang lain dan turbulensi privasi, kekacauan batas privasi yang berperan ketika mengelola informasi pribadi tidak sesuai dengan yang diharapkan dengan pendekatan Fenomenologi menurut sudut pandang Alfredz Schutz yang berorientasi pada kesadaran, realitas dan aktivitas sosial seseorang ketika membuat suatu pilihan dalam hidupnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa muslimah dengan no post selfie memiliki batasan privasi yang berbeda dari kebanyakan orang yaitu menjadikan foto diri sebagai sebuah privasi, dalam mengelola privasinya agar tetap terjaga, para muslimah ini lebih memperkuat boundaries (batasan) di awal untuk meminimalisir turbulensi nantinya. Ketika terjadi turbulensi privasi, para informan tetap mengedepankan adab dalam mengambil langkah untuk menjaga kembali privasinya sesuai dengan keinginannya

References

Asmaran, A., & Shafir, S. Della. (2022). Media Sosial Instagram Untuk Mendukung Eksistensi Diri @Sholahayu. Jurnal Manajemen Pendidikan Ilmu Sosial, 4 (1), 512–530. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1

Bate, A. P., & Amrullah, H. F. (2022). Pengungkapan Diri dan Manajemen Privasi Komunikasi Pasien Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19 (2), 197–216. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/jik.v19i2.4382

Dataindonesia.id. (n.d.). Pengguna Instagram di RI Capai 106,72 Juta hingga Februari 2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-instagram-di-ri-capai-10672-juta-hingga-februari-2023

Ievansyah, I., & Sadono, T. P. (2018). Personal Branding dalam Komunikasi Selebritis (Studi Kasus Personal Branding Alumni Abang None Jakarta di Media Sosial “Instagram”). Bricolage, 4 (2), 140–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1658

Nindito, S. (2005). Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (1), 79–94. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.254

Njotorahardjo, F. (2014). Manajemen Komunikasi Privasi Seorang Mantan Pria Simpanan. JURNAL E-KOMUNIKASI, 2 (3). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/3813

Petronio, S. (2002). Boundaries of Privacy: Dialectics of Disclosure. State Univercity of New York.

Santoso, A. M., Endang, A., & Indrianti, D. T. (2023). Manajemen Privasi Komunikasi Pada Selebgram Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3 (1), 77–82. https://doi.org/https://doi.org/10.53697/iso.v3i1

Suriati, Samsinar, & Rusnali, A. N. A. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Akademia Pustaka.

Syaripah, I. (2021). Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Facebook. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Winarty, S. (2024). Representasi Identitas Virtual dalam Komunikasi Mahasiswa Urban di Instagram: Studi Netnografi pada Universitas Pembangunan Jaya. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1 (3), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2517

Zakariah, M., & Askari. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Rahmadhan, N., Ri’aeni, I., & Risnawati, R. (2024). ANALISIS MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PENGGUNA APLIKASI INSTAGRAM MUSLIMAH DENGAN NO POST SELFIE. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 3(1), 63–68. https://doi.org/10.47431/jkp.v3i1.427

Issue

Section

Articles