Pengembangan Instrumen Pendidikan Matematika Bagi Siswa Kelas IX

Main Article Content

Kristina Warniasih
Nugraha Agil Pria Atmaja
Dyah Ayu Widyowatil
Lufiah Nur Hidayah

Abstract

Perubahan pembelajaran daring menjadi luring pasca pandemi Covid 19 berakibat pada sulitnya  siswa tingkat SMP menyelesaikan  soal pelajaran matematika. Akibatnya  hasil belajar siswa dan kemampuan berpikirnya  sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen kemampuan pemecahan masalah, literasi, dan komunikasi matematika bagi siswa SMP kelas IX semester satu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes berbentuk uraian dan lembar observasi. Sebanyak 15 soal terdiri 5 soal kemampuan pemecahan masalah dengan standar kompetensi teorema pythagoras, 6 soal kemampuan literasi dengan standar kompetensi statistika, dan 4 soal kemampuan komunikasi dengan standar kompetensi pola bilangan. Kualitas soal  hasil  dari uji validitas butir soal semua diatas 0,3, reliabilitas kemampuan pemecahan masalah 0,886,  kemampuan literasi 0,189, dan kemampuan komunikasi 0,664, tingkat kesukaran mudah dan sedang, serta daya pembeda sangat baik, baik, dan cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  rerata kemampuan pemecahan masalah siswa  nilai  skor 70, rerata kemampuan literasi siswa   65, dan rerata kemampuan komunikasi siswa 48. Simpulan  bahwa instrumen yang dikembangkan dalam pelajaran matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah,kemampuan literasi, dan kemampuan komunikasi yang diujikan kepada siswa sekolah menengah pertama  kelas IX valid dan reliabel.

Article Details

How to Cite
Warniasih, K., Agil Pria Atmaja, N., Widyowatil, D. A., & Hidayah, L. N. (2023). Pengembangan Instrumen Pendidikan Matematika Bagi Siswa Kelas IX. Jurnal Masyarakat Dan Desa, 3(2), 164–176. https://doi.org/10.47431/jmd.v3i2.354
Section
Articles