Pengembangan Instrumen Pendidikan Matematika Bagi Siswa Kelas IX
Main Article Content
Abstract
Perubahan pembelajaran daring menjadi luring pasca pandemi Covid 19 berakibat pada sulitnya siswa tingkat SMP menyelesaikan soal pelajaran matematika. Akibatnya hasil belajar siswa dan kemampuan berpikirnya sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen kemampuan pemecahan masalah, literasi, dan komunikasi matematika bagi siswa SMP kelas IX semester satu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes berbentuk uraian dan lembar observasi. Sebanyak 15 soal terdiri 5 soal kemampuan pemecahan masalah dengan standar kompetensi teorema pythagoras, 6 soal kemampuan literasi dengan standar kompetensi statistika, dan 4 soal kemampuan komunikasi dengan standar kompetensi pola bilangan. Kualitas soal hasil dari uji validitas butir soal semua diatas 0,3, reliabilitas kemampuan pemecahan masalah 0,886, kemampuan literasi 0,189, dan kemampuan komunikasi 0,664, tingkat kesukaran mudah dan sedang, serta daya pembeda sangat baik, baik, dan cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan pemecahan masalah siswa nilai skor 70, rerata kemampuan literasi siswa 65, dan rerata kemampuan komunikasi siswa 48. Simpulan bahwa instrumen yang dikembangkan dalam pelajaran matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah,kemampuan literasi, dan kemampuan komunikasi yang diujikan kepada siswa sekolah menengah pertama kelas IX valid dan reliabel.