Strategi Keberlanjutan Usaha Mikro Fresh Glow Selama dan Setelah Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Fresh Glow merupakan usaha mikro yang bergerak sebagai reseller skincare mulai dilakukan saat pandemi Covid 19 dan berlanjut pasca pandemi Covid 19 yang berlokasi di Kapanewon Rongkop, Kabupayen Gunungkidul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi keberlanjutan usaha Fresh Glow selama pandemi dan setelah pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku umkm Fresh Glow telah menerapkan bauran pemasaran dan berupaya melakukan inovasi strategi pemasaran sebagai upaya menjaga keberlanjutan usaha. Namun demikian masih terdapat kendala dalam strategi keberlanjutan usahanya yakni modal terbatas dan kurang update ketrampilan inovasi bisnis. Untuk itu disarankan kerjasama dengan perbankan untuk penambahan modal, membuka cabang baru, membuka toko online, menggunakan sosial media selain WhatsApp. mengikuti pelatihann untuk terus memperbarui pengetahuan , perkembangan dan inovasi bisnis