Strategi Koperasi Unit Desa “Tani Makmur” dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kalurahan Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul

Penulis

  • Naufal Abdi Hanan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta
  • Oktarina Albizzia Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”

DOI:

https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v1i1.121

Kata Kunci:

Strategi, Koperasi, Kesejahteraan, Masyarakat.

Abstrak

Permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang hingga sekarang ini belum bisa untuk diatasi oleh pemerintah pusat pada umumnya dan pemerintah daerah pada khususnya. Berbagai cara untuk mengatasi permasalahan ini sudah ditempuh oleh pemerintah namun masalah ini belum juga mampu untuk diselesaikan. Kemiskinan ini muncul karena terjadi kurangnya alat pemenuh kebutuhan dasar ataupun sulitnya akses tehadap pendidikan dan pekerjaan. Oleh sebab itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Strategi Koperasi Unit Desa “Tani Makmur” dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Koperasi Unit Desa “Tani Makmur” dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Koperasi Unit Desa “Tani Makmur” dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil akhir penelitian menyatakan bahwa Strategi yang dilakukan Koperasi Unit Desa “Tani Makmur” dalam peningkatan kesejahteraan sudah berjalan dengan baik. Terlihat dari semakin banyaknya orang yang bergabung menjadi anggota koperasi. Dengan kualitas pengurus dan pelayanan yang baik dari setiap unit usaha yang ada di KUD “Tani Makmur” membuat masyarakat dan anggota menjadi lebih percaya. Sehingga tujuan didirikannya KUD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan anggota sedikit banyaknya tercapai. Terdapat beberapa kendala diantaranya seperti kurangnya tenaga kerja di lapangan, kurangnya generasi-generasi muda yang ada di KUD “Tani Makmur”. Adapun saran yang diberikan yaitu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengurus, melibatkan anak muda dalam kepengurusan, dan melakukan lebih banyak kerjasama dengan pihak-pihak lain.

Referensi

Arifin Sitio, Holomoan Tamba. 2001. Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta : Erlangga

BPS. 2019. Persentase penduduk Miskin Maret 2019 Sebesar 9,41 Persen. Diunduh dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/07/15/1629/persentase-penduduk-miskin-maret-2019-sebesar-9-41-persen.html, diakses pada 30 Oktober 2019, 11:51 WIB .

Caniago, Arifin. 1979. Perekonomian Indonesia. Bandung: Percetakan Angkasa

CNBC Indonesia. 2019. Miris Tingkat Kemiskinan di 6 Provinsi Ini Meningkat. Diunduh ari https://www.cnbcindonesia.com/news/20190715164211-4-85070/miris-tingkat-kemiskinan-di-6-provinsi-ini-meningkat, diakses pada 5 november 2019, 10:15 WIB.

F. Rangkuti. 1998. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Umum: Jakarta.

Hammel, Gary dan C.K. Prahalad. 1995. Kompetisi Masa Depan. Trans. Agus Maulana. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Hatta, Mohammad. E.d 2015. Mohammad Hatta: Politik, Kebangsaan, Ekonomi (1926-1977). Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Hendar. 2010. Manajemen perusahaan Koperasi. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

Kartasapoetra, A.G., dkk. 1987. Koperasi Indonesia. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Kasiyanto M.J. 1991. Masalah dan Strategi Pembangunan. Jakarta : PT Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Miles, Matthew B and Hubberman, Michael A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Papyrus.

Moleong, Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 4 Tahun 1984.

Sarwono, B dan Joko Prasojo. 1989. Petunjuk Praktis Berkoperasi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Stephani, K. Marrus. 2002. Desain Peneliitian Manajemen Strategi. Jakarta : Rajawali Press.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi,Tesis Dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Suyanto, Bagong dan Sutinah.2005. Metode penelitian Sosial. Jakarta: PT adhitya andrebina agung.

Suyatno, Thomas, dkk,. 2005. Kelembagaan Perbankan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Syaiful, Muhammad. 2006. “Strategi Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota: Progress Ekonomi Pembangunan”, Vol. 1 No.1.

Undang-Undang No. 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.

Undang-Undang No. 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian.

Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Diterbitkan

2021-12-20

Cara Mengutip

Abdi Hanan, N. ., & Oktarina Albizzia. (2021). Strategi Koperasi Unit Desa “Tani Makmur” dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kalurahan Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul . SOSIO PROGRESIF | Media Pemikiran Studi Pembangunan Sosial, 1(1), 58–70. https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v1i1.121

Terbitan

Bagian

Articles