Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Pendidikan Dasar

Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Pendidikan Dasar

Penulis

  • Siti Latifah STPMD APMD" Yogyakarta
  • Anastasia Adiwirahayu Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD"

DOI:

https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v2i2.241

Abstrak

 

Perkembangan teknologi secara cepat telah membawa dunia memasuki era globalisasi yang serba maju dan modern. Pada zaman yang serba modern ini, manusia dituntut agar mengikuti perkembangan zaman dimana kehidupan menjadi serba praktis, efektif, dan efisien. Kebutuhan hidup manusia yang semakin banyak dan semakin kompleks, oleh karena itu diciptakan alat-alat yang dapat membantu kelancaran dan meringankan beban pekerjaan manusia salah satunya teknologi yang sangat populer adalah gadget. Penggunaan gadget pada anak usia pendidikan dasar merupakan salah satu masalah sosial yang ada di masyarakat. Penggunaan gadget tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan ketergantungan pada anak dan berdampak negatif untuk anak seperti interaksi sosial anak menjadi terganggu saat sedang bermain gadget dan anak menjadi acuh terhadap lingkungan sekitarnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola dan dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia pendidikan dasar di Kampung Bogem.  Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dampak negatif dari penggunaan gadget yang dialami oleh anak usia pendidikan dasar yaitu menjadi lupa waktu, malas, kecanduan gadget, acuh terhadap lingkungan dan interaksi sosialnya terganggu, sedangkan dampak positif  dari penggunaan gadget yaitu menambah wawasan yang lebih luas dan mempermudah media pembelajaran anak.

 

Kata Kunci: dampak gadget, interaksi sosial.

 

Referensi

Frahasini, F., Astuti, T. M. P., & Atmaja, H. T. (2018). The Impact of The Use of Gadgets in School of School Age Towards Children’s Social Behavior in Semata Village. Journal of Educational Social Studies, 7(2), 161-168. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/26842

Moleong, L.J. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang Martono. (2016). Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Modern, Posmodern dan Poskolonial, Cet IV, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Nasution. (2007) . Metode Research. Bumi Aksara. Jakarta

Rustanto, Bambang. (2015). Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r & d). Bandung: Penerbit Alfabeta.

__________ . (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Syifaul Adhimah. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini. Jurnal: Fakultas Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa

Puruhita, A., Suyahmo, S., & Atmaja, H. (2017). Perilaku Sosial Anak-Anak Jalanan Di Kota Semarang. Journal of Educational Social Studies, 5(2), 104-112. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess

Putri Hana Pebriana. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. eJurnal: FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Wirasta, R. dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogik Unisma

Bekasi,http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/432/334 diakses pada tanggal 22 september 2020

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Latifah, S., & Adiwirahayu, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Pendidikan Dasar : Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Pendidikan Dasar . SOSIO PROGRESIF | Media Pemikiran Studi Pembangunan Sosial, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v2i2.241

Terbitan

Bagian

Articles