Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Pendidikan Dasar
Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v2i2.241Abstrak
Perkembangan teknologi secara cepat telah membawa dunia memasuki era globalisasi yang serba maju dan modern. Pada zaman yang serba modern ini, manusia dituntut agar mengikuti perkembangan zaman dimana kehidupan menjadi serba praktis, efektif, dan efisien. Kebutuhan hidup manusia yang semakin banyak dan semakin kompleks, oleh karena itu diciptakan alat-alat yang dapat membantu kelancaran dan meringankan beban pekerjaan manusia salah satunya teknologi yang sangat populer adalah gadget. Penggunaan gadget pada anak usia pendidikan dasar merupakan salah satu masalah sosial yang ada di masyarakat. Penggunaan gadget tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan ketergantungan pada anak dan berdampak negatif untuk anak seperti interaksi sosial anak menjadi terganggu saat sedang bermain gadget dan anak menjadi acuh terhadap lingkungan sekitarnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola dan dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia pendidikan dasar di Kampung Bogem. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dampak negatif dari penggunaan gadget yang dialami oleh anak usia pendidikan dasar yaitu menjadi lupa waktu, malas, kecanduan gadget, acuh terhadap lingkungan dan interaksi sosialnya terganggu, sedangkan dampak positif dari penggunaan gadget yaitu menambah wawasan yang lebih luas dan mempermudah media pembelajaran anak.
Kata Kunci: dampak gadget, interaksi sosial.
Referensi
Frahasini, F., Astuti, T. M. P., & Atmaja, H. T. (2018). The Impact of The Use of Gadgets in School of School Age Towards Children’s Social Behavior in Semata Village. Journal of Educational Social Studies, 7(2), 161-168. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/26842
Moleong, L.J. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nanang Martono. (2016). Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Modern, Posmodern dan Poskolonial, Cet IV, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Nasution. (2007) . Metode Research. Bumi Aksara. Jakarta
Rustanto, Bambang. (2015). Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r & d). Bandung: Penerbit Alfabeta.
__________ . (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Syifaul Adhimah. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini. Jurnal: Fakultas Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa
Puruhita, A., Suyahmo, S., & Atmaja, H. (2017). Perilaku Sosial Anak-Anak Jalanan Di Kota Semarang. Journal of Educational Social Studies, 5(2), 104-112. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess
Putri Hana Pebriana. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. eJurnal: FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Wirasta, R. dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogik Unisma
Bekasi,http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/432/334 diakses pada tanggal 22 september 2020
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 SOSIO PROGRESIF | Media Pemikiran Studi Pembangunan Sosial
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.