Pendampingan Anak Di Yayasan Hamba Yang Multikultural

Penulis

  • Dian Junita Tumeang
  • Chandra Rusmala Dibyorini Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Masyarakat Desa "APMD"

DOI:

https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v3i1.416

Kata Kunci:

Pendamping, Multikutural, Dialog, Terbuka

Abstrak

Pluralitas dan keragaman suku, bahasa dan budaya adalah satu kekayaan bangsa bila hidup harmoni. Sebaliknya, kegagalan membangun relasi dan toleransi dapat berdampak buruk bagi perkembangan suatu negara. Di indonesia keadaan di atas kerap terjadi dibeberapa daerah yang gagal membina relasi harmoni di dalam pendidikan awal. Yayasan Hamba hadir sebagai gerakan kemanusian yang ikut membangun bangsa. Para pendamping berperan aktif mendidikan anak-anak dari latar belakang yang berbeda-beda. Yayasan ini mengajarkan tolerasi dalam pendampingan untuk membangun karakter yang mandiri, aktif, mau bekerjasama, hidup sosial harmoni dengan masyarakat sekitar dan beriman. Yayasan HAMBA yang multikultural membentuk kehidupan harmonis dalam keberagaman di dalam yayasan, kerjasama dengan lembaga lain untuk pemenuhan kebutuhan, pelatihan, dan pembinaan rohani anak-anak dampingan Kehadirian para pendamping secara terbuka menjadi keluarga, sahabat, dan teman belajar. Situasi ini memberi Yayasan HAMBA yang multikultural terus berbenah dan melakukan beragam metode dalam pendampingan anak-anak. Yayasan HAMBA telah berbuat banyak sebagai gerekan kemanusian dan menjadi bukti partisipasi aktif membangun bangsa dan negara.

Referensi

Hasan, Nurdin, 2011. Multikulturalisme Menuju Pendidikan Berbasis Multikultur, Yayasan Anak Bangsa, Aliansi Jurnalis Independen Kota Banda Aceh, Yayasan TIFA.

Indrawan, Irjus, dkk, 2020. Filsafat Pendidikan Multikultural, CV Pena Persada, Jawa Tengah.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, 2008, Departemen Pendidikan Nasional.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Tesaurus

Mahyuddin, Muhammad Rusdi, dkk, 2020. Agama Dan Masyarakat Multikultural, Pilar-Pilar Membangun Kebersamaan Dalam Perbedaan, IAIN Parepare Nusantara Press, Sulawesi Selatan.

Praktiknja, Maria Heny, 2012. Masyarakat Multikultural, Yayasan Serat Manado, Manado.

Rochmat Soemitro, 2012. Dalam Kompendium Hukum Yayasan, Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI.

Rustanto Bambang. 2015. Masyarakat Multikultur di Indonesia, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tantoro, Susvi, 2016. Sosiologi SMA, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2001). Undang-Undang No. 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Jakarta.

Siregar Bismar, 1986: 90. Telaah tentang Perlindungan Hukum terhadap Anak dan Wanita, Pusat Studi Kriminologi F. H. UII, Yogyakarta.

Sugiri, 1990: 25. Aspek Hukum Perlindungan Anak, Bumi Aksara, Jakarta.

Hilman Hadikusuma, 2003: 89. Hukum Waris Adat. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung. 26

Skripsi

Anjelina, L. 2018. Upaya Perlindungan Hak Asasi Penderita HIV/AIDS oleh Yayasan Victory Plus Yogyakarta, Yogyakarta.

Sihombing, R. 2018. Laporan Tahunan SPT Wajib Pajak Badan pada Yayasan Pendidikan Katolik Yayasan Leo Dehon Jakarta.

Supeni, I. 2017. Multikulturalisme Dalam Pendampingan Anak Di Panti Asuhan Santa Maria Ganjuran Di Desa Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul.

Jurnal

Agung. (2015). Dalam jurnal Ngura Elisabet, dkk. (2022). Pendampingan Bimbingan Belajar di Masa Pandemi Covid-19 di TKK Negeri Harapan Bangsa Koeloda, Hal. 28-29.

Alfiana. (2013). Dalam jurnal Kurniai Euis, dkk. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19, Hal. 243.

Fahrizal. (2018). Dalam jurnal Iftitah, dkk. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19, Hal. 79.

Hernawan. (2010). Dalam jurnal Suharto Febry, dkk. (2015). Interaksi Didalam Keluarga Dengan Anak Berhadapan Dengan Hukum Di Panti Sosial Masurdi Putra Bambu Apus, Jakarta, Hal. 38.

Kristanto. (2018). Dalam jurnal Iryana, dkk. (tanpa tanggal). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif, Hal. 9.

Lathifah dan Yusniar. (2017). Dalam jurnal Putro, Khamim Zarkasih, dkk. (2020). Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah, Hal. 128.

Nanang. (2008). Dalam jurnal Hanim, Faujiah. Upaya Peningkatan Sikap Menghargai Orang Lain Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Anak Di Ra Babul Ilmi Rantauprapat, Hal. 10.

Sahaludin. (2010). Dalam jurnal Muninggar, Murti. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Karir Anak, Hal. 243. 27

Soekanto. (2010). Dalam jurnal Murfia, Isti. (2014). Negoisasi Identitas Kultural Tionghoa Muslim dan Kelompok Etnisnya dalam Interaksi Antarbudaya, Hal. 6.

Sundari dan Yoridho. (2018). Dalam jurnal Iftitah, dkk. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19, Hal. 77.

Wrigstone, dkk. (1956). Dalam jurnal Prabasari, Ni Luh. (2017). Evaluasi Kehumasan, Hal. 3.

Yusuf. (2014). Dalam jurnal Iryana, dkk. (tanpa tanggal). Teknik Pengumpulan Data metode Kualitatif, Hal. 3.

Internet

Robertus Belarminus. 2022. ‘Kasus Guru Pakaikan Jilbab Siswi SMAN Di Bantul, Hasil Investigasi Ombudsman: Bentuk Pemaksaan Halaman All - Kompas.com’, KOMPAS.com (Kompas.com) https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/13/060000178/kasus-guru-pakaikanjilbab-siswi-sman-di-bantul-hasil-investigasi?page=all [accessed 29 January 2023]

Iii, Bab, Tujuan Pendirian, Yayasan Sosial, Tujuan Keagamaan, and Tujuan Kemanusian. [n.d.]. http://repository.uin-suska.ac.id/16980/8/8.%20BAB%20III.pdf [accessed 2 February 2023]

Kajian, Pustaka, dan Teori. [n.d.]. BAB II https://eprints.umm.ac.id/76972/5/BAB%202.pdf [accessed 2 February 2023]

LLDIKTI Wilayah VII’.[n.d.].

Www.kopertis7.Go.id https://www.kopertis7.go.id/uploadperaturan/3.%20PP%202%202013 %20Pelaksanaan%20Undang%20Undang%20Tentang%20Yayasan.pdf [accessed 29 January 2023]

Nibras Nada Nailufar. 2021. ‘Konflik Poso: Latar Belakang, Kronologi, Dan Penyelesaian Halaman All - Kompas.com’, KOMPAS.com (Kompas.com) https://www.kompas.com/stori/read/2021/07/30/100000279/konflik-poso-latar-belakang-kronologi-dan-penyelesaian?page=all [accessed 14 June 2023]

Nuhraini Palipung. 2016. ‘IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH INKLUSI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA 28 YOGYAKARTA’, Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5.5: 558–66 https://doi.org/10.21831/sakp.v5i5.5320 [accessed 29 January 2023]

Pransiska, Toni. 2020. ‘MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PANTI ASUHAN MIZAN AMANAH YOGYAKARTA: PROTOTIP PENDIDIKAN RAMAH ANAK’, 18.1: 70–83 https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.596 [accessed 29 January 2023]

Resa. 2019. ‘Kronologi Ricuh Wamena, Penyebab, Dampak, Hingga Tanggapan Presiden Halaman All - Kompas.com’, KOMPAS.com (Kompas.com) https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/24/061500065/kronologi-ricuh-wamena-penyebab-dampak-hingga-tanggapan-presiden?page=all [accessed 14 June 2023]

Sofia, Maya. 2015. ‘PELAKSANAANPENDAMPINGAN BAGI ANAK KORBAN KEKERASAN DI LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) - Lumbung Pustaka UNY’, Uny.ac.id http://eprints.uny.ac.id/27048/1/Maya%20Sofia%20Rokhmah.pdf >[accessed 29 January 2023]

Yayasan, Implementasi, Sebagai Badan, Hukum Sosial, Perlindungan Hukum, Para Janda, and others. 2016. ‘Asy-Syir’ah’, Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum,

2 https://law.uii.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/242-453-1-SM-umar-haris-sanjaya-fh-uii.pdf [accessed 2 February 2023]

Diterbitkan

2024-08-07

Cara Mengutip

Tumeang, D. J. ., & Dibyorini, C. R. (2024). Pendampingan Anak Di Yayasan Hamba Yang Multikultural. SOSIO PROGRESIF | Media Pemikiran Studi Pembangunan Sosial, 3(1), 59–79. https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v3i1.416

Terbitan

Bagian

Articles