ANALISIS WACANA AKUN FACEBOOK BUPATI TEMANGGUNG TENTANG PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v1i1.162Keywords:
media sosial, covid 19, facebook, komunikasi, kampanye publikAbstract
Penelitian ini tentang media sosial yang digunakan oleh pejabat publik untuk penanganan pencegahan dan penyebaran Covid 19. Media sosial khususnya facebook yang digunakan oleh pejabat publik untuk berkomunikasi dengan warganya sangat menarik untuk diteliti. Ini menunjukkan baik pejabat publik maupun warga telah melek teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis dari Teun A. van Dijk. AWK untuk mengetahui bagaimana unggahan-unggahan pada Facebook Bupati Temanggung terkaiit penanganan, pencegahan dan penyebaran Covid-19 di Temanggung. Melalui observasi, wawancara dan studi pustaka terkait akun facebook Bupati Temanggung yang digunakan untuk kampanye publik Covid-19, peneliti menemukan pentingnya pejabat publik mempunyai kecakapan khusus menggunakan media sosial sesuai perkembangan zaman. Riset ini membuktikan jika pejabat daerah memiliki peran berarti dalam melaksanakan pencegahan dan usaha penindakan Covid 19 di daerahnya. Kegiatan komunikasi publik dan kebijakan yang dilakukan oleh Bupati Temanggung melalui facebook sangat efektif.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arifianto. S (2020). Covid-19 Dalam Bingkai Media Digital. Aswaja Pressindo.
Eriyanto (2011). Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. LKIS.
Fahmi, Abu Bakar (2011). Mencerna Situs Jejaring Sosial. Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
Haryanto, Ignatius (2014), Jurnalisme Era Digital, Tantangan Industri Media Abad 21, Penerbit Buku Kompas.
Habermas, Jurgen (2007). Ruang Publik, Sebuah Kajian Tentang Kategori Masyarakat Borjuis. Kreasi Wacana Yogyakarta.
Irsasri, ed. (2020). Komunikasi, Media, dan Pemberdayaan Masyarakat di Era Pandemi Covid-19. APMD Press
Junaedi, Fajar (2007). Komunikasi Massa. Santusta.
Kurnia, Novi dkk (2020). Kolaborasi Lawan (HOAKS) Covid-19: Kampanye, Riset dan Pengalaman Japelidi di Tengah Pandemi. Universitas Gajah mada dan Japelidi.
Lanier, Jaroe (2020) Ilusi Media Sosial, Sepuluh Argumen tentang Paradoks Medsos. Cantrik Pustaka.
Nasrullah, Rulli (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana Prenadamedia Group.
Putra, Nusa (2012). Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. PT Indeks Jakarta
Rustam, Fury dan Nurhajati, Lestari (2015). Political Public Relations Dalam Media Sosial. Penerbit Universitas Indonesia
Sobur, Alex (2009). Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing.
Wisnuhardana, Alois (2018). Anak Muda & Medsos, Memahami Geliat Naka Muda, Media Sosial, dan Kepemimpinan Jokowi dalam Ekosistem Digital. PT Gramedia Pustaka Utama, Kompas Gramedia.
Zizek, Slavo (2020), Pandemik, Covid-19 Mengguncang Dunia, Penerbit Independen.
Kompas, 19 Maret 2021
-----------,23 April 2021
-----------, 7 Juni 2021
-----------, 11 Juni 2021
-----------, 17 Juni 2021
-----------, 21 Juni 2021
-----------, 22 Juni 2021
-----------, 23 Juni 2021
-----------, 5 Agustus 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.