LITERASI DIGITAL MAHASISWA PENGGUNA TIKTOK DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON

Authors

  • Adam Suhardiman muhammadiyah university of cirebon
  • muhammad kamaluddin muhammad kamaluddin muhammadiyah university of cirebon

Keywords:

literasi digital, mahasiswa, TikTok.

Abstract

Literasi Digital memiliki peran penting di kalangan mahasiswa. Mahasiswa perlu lebih memahami tentang penguasaan Literasi Digital khususnya pada penggunaan berbagai aplikasi. Penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui kemampuan literasi digital mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon pengguna aplikasi TikTok. Selain itu juga, mengetahui kreativitas pembuatan dan penyebaran konten yang diunggah oleh para mahasiswa tersebut. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data didapatkan melalui observasi, dokumentasi, studi literatur dan wawancara kepada beberapa informan. Para informan adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon yang menggunakan aplikasi TikTok sebagai manifestasi kemampuan literasi digitalnya. Hasil penelitian ini diketahui bahwa literasi digital mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon dapat dilihat dalam berbagai kreasi konten yang mereka buat. Utamanya pada aplikasi TikTok, mereka membuat berbagai konten tematik sekaligus mempublikasikan kreasinya tersebut kepada khalayak pengguna TikTok lainnya. Sedemikian sehingga baik ragam unggahan konten semisal motivasi, edukasi, hiburan beserta capaian pemirsanya menjadi gambaran objektif mereka ihwal literasi digital.

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14 (2), 135–148. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Arifin, S. (2020). Cerdas dan Bijak Menggunakan Internet di Era Literasi Digital dan Informasi di SMP Kusuma bangsa. JATIMIKA., 1 (3), 167–170. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JATIMIKA/article/view/11716/8838

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7 (2), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/jisip.v7i2.1432

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh. Jurnal Edukasi Media Kajian Bimbingan Konseling, 2 (1), 91–106. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/693

Martin, A. (2006). Literacies for Age Digital Age. Digital Literacies for Learning (M. & D. Madigan (ed.)). Facet.

Moleong J., L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.

Prakosa, A. D. (2021). ). Penggunaan Aplikasi Tik Tok Dan Efeknya Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Islam Di Kelurahan Waydadi Baru Kecamatan Sukarame. Universitas Islam Raden Intan Lampung.

Rahardaya, A. K., & Irwansyah. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Sarana Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3 (2), 308–318. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248

Sari, M. F., dkk. (2020). Mahasiswa sebagai Digital Native yang Menggunakan Media Sosial TikTok menjadi Gaya Hidup. Universitas Islam Kalimantan.

Selbert, S. A. (2004). Multiliteracies for a Digital Age. University Press Carbondale.

Wheeler, S. (2012). Digital Literacies For Engagement In Emerging Online Culture. https://core.ac.uk/download/pdf/39139541.pdf

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Suhardiman, A. ., & muhammad kamaluddin, muhammad kamaluddin. (2022). LITERASI DIGITAL MAHASISWA PENGGUNA TIKTOK DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42–53. Retrieved from https://jurnal.apmd.ac.id/index.php/JKP/article/view/171

Issue

Section

Articles