PENGARUH INSTAGRAM DINAS PARIWISATA TERHADAP MINAT WISATAWAN KOTA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.223Keywords:
Unggahan Instagram, Minat Wisatawan, SurakartaAbstract
Unggahan instagram yaitu dapat diartikan suatu file yang bisa berupa foto dan video yang dipublikasikan oleh pemilik akun secara sengaja, yang lalu dapat dinikmati oleh pengikut (followers) akun tersebut atau pun seluruh pengguna internet terkhusus bagi yang mengakses instagram, tak terkecuali instagram Dinas Pariwisata Kota Surakarta yang menggunggah semua hal tentang Kota Surakarta untuk upaya wisatawan agar tertarik ke Surakarta dan menjadikan Surakarta sebagai tujuan wisata. Pada penelitian ini penulis menggunakan sebuah metode kuantitatif dengan menggunakan survei, dalam pengumpulan data membutuhkan bantuan responden yaitu pengikut instagram Dinas Pariwisata Kota Surakarta, responden pada penelitian ini yaitu sebanyak 150 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh Unggahan Instagram Dinas Pariwisata terhadap Minat Wisatawan Berkunjung ke Surakarta. Hasil penelitian ini dilihat dari sebuah Uji Hipotesis yang menunjukan bahwasanya nilai signifikasi Unggahan Instagram pada tabel correlations dengan besaran 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05, yang berarti terdapat hubungan antaraUnggahan Instagram terhadap Minat Wisatawan. Hasil uji koefesien detereminasi dengan adjusted R Square sebesar 0,099, hal ini berarti Unggahan Instagram memiliki pengaruh terhadap Minat Wisatawan sebesar 09,9%, dan 90,1% minat wisatawan diafeksikan oleh sebuah variabel lain yang tidak termasuk didalam penelitian ini.
References
Amanda, P. (2017). Pengaruh Konten Post. Terhadap Online Engagement Studi Kasus Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia.
Boyd, H., & Dkk. (2000). Manajemen Pemasaran 1. Erlangga.
Buchari, A. (2004). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alvabeta.
Burhan, B. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitati. Prenada Media Group.
Hu, Y., Manikonda, L., & Kambhampati, S. (2014, May 16). What We Instagram: A First Analysis of Instagram Photo Content and User Types. Eighth International AAAI Conference on Weblogs and social media. Eighth International AAAI Conference on Weblogs and Social Media. https://www.aaai.org/ocs/index.php/ICWSM/ICWSM14/paper/view/8118
Munawwaroh, P. R., & Lubis, E. E. (2017). Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @Exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata Ke Siak Sri Indrapura. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(1), Article 1.
Nifita, A. T., & Arisondha, E. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Taman Geopark Kabupaten Merangin. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/jmk.v7i2.5490
Pradiatiningtyas, D. (2016). Peran Instagram Dalam Menarik Minat Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31294/khi.v7i2.705
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Syamsudin, S. (2018). Mikro Ekonomi Untuk Manajemen. Pt. Raja Grafindo Persada.
Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.