KESETARAAN GENDER DALAM PERSPEKTIF MEDIA IKLAN

Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Media Iklan

Authors

  • Zarra Universitas Siber Muhammadiyah
  • rashda bintang muhammad muhammad Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.225

Keywords:

pesan, iklan, kesetaraan gender

Abstract

Iklan pada hakikatnya merupakan pesan yang disampaikan oleh komunikator ke khalayak untuk mengenalkan produk barang dan jasa.  Iklan bersifat memengaruhi seseorang agar tertarik untuk menggunakan produk tersebut. Namun, kebanyakan iklan dalam menyampaikan pesan belum  berperspektif gender. Padahal iklan dengan visualisasinya dapat memengaruhi khalayak.  Kenyataannya, peran wanita serta laki-laki selalu membuat laki-laki merasa lebih tinggi kedudukannya dari wanita seringkali akan menjadi  'hidup' dalam periklanan. Padahal jika dilihat dari hak asasi manusia  tidak ada perbedaan yang mendasar dalam peran wanita dan laki-laki di media. Visualisasi iklan yang demikian lebih memperkuat sistem patriarki yang selama ini sudah ada dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara.  Hasil penelitian menunjukkan perempuan di tayangan iklan televisi belum mendorong kesetaraan gender. Perempuan masih menjadi objek dalam media yang ditampilkan dari sisi seksualitas dan daya tarik fisik bukan potensi intelektualitas yang dimiliki.

References

Abdullah, I. (2003). Sangkaan Peran Gender. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Christanti, C., & Obed Bima Wicandra. (2018). Kesetaraan Gender dalam Iklan-Iklan Televisi Indonesia. Nirmana, 18 (2), 66– 73. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.18.2.66-73

Dihni, V. A. (2021). Ketimpangan Gender Indonesia Tertinggi di ASEAN, Singapura Terendah. Katadata.co.id

Djoko, P. (2011). Komunikasi Bisnis Edisi ke Empat. Jakarta: Erlangga.

Dwi, P. (2012). Mandiri Belajar SPSS. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Ibrahim, I. S. (2007). Budaya Populer sebagai Komunikasi. Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra.

Kotler, P. (2005). Managemen Pemasaran Edisi kesebelas. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Mansour Fakih. (2001). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Insist Press.

Mufflih, M. (2006). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jakarta: Radja Grasindo.

Nembah, F., & Ginting, H. (2011). Manajemen Pemasaran. Bogor: CV Intan.

Nitisastro, M. (2013). Perilaku Konsumen. Bandung: CV Alfabeta.

Nitisusastro, M. (2013). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, & Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada.

Pratiwi, H. A., & Wiyanti, E. (2017). Representasi Kesetaraan Gender dalam Iklan (Tinjauan Semiotika Citra Laki-Laki dalam Keluarga pada Iklan Televisi). Jurnal Desain, 4 (3), 212–230. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1634

Putri, A. A. (2022). Representasi Sensualitas Wanita Pada Iklan Televisi “Segar Sari Susu Soda” Versi Julia Perez. CITRAWIRA Journal of Advertising and Visual Communication, 3 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.33153/citrawira.v3i1.4619

Raymond, G. (2010). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Indeks.

Rianto, N., & Eusi Amalia. (2010). Teori Mikro Ekonomi Suatu Perbandingan Ekonomi Islam Dan Ekonomi Konvensional. Prenada.

Rosmiati. (2018). Konstruksi Budaya dalam Iklan Sari Ayu Beauty Lotion Tinjauan Semiotik. Journal of Language, Literature and Cultural Studies, 4 (1), 1–23. https://prologue.sastra.unibabpn.ac.id/index.php/jurnal_prologue/article/view/8

Sari, D. (2020). Konstruksi Gender Perempuan Ideal dalam Iklan Sabun Lux Edisi Super Power (dalam kajian semiotika Roland Barthes). Setara Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2 (2), 68–82. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/jsga.v2i2.2384

Suhara, S. (2013). Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Hukum Islam. Al-Ulum, 13 (2). http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au

Sulistyowati, Y. (2020). Kesetaraan Gender dalam Lingkup Pendidikan dan Tata Sosial. Ijougs: Indonesian Journal of Gender Studies, 1 (2), 1–14. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/ijougs/article/download/2317/1556

Syamsudin. (2018). Mikro Ekonomi Untuk Manajemen. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tamagola, T. A. (1998). Citra Wanita dalam Iklan, dalam Majalah Wanita Indonesia: Suatu

Tinjauan Sosiologis Media. In Wanita dan Media: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: Rosda Karya.

Yanti Dwi Astuti. (2016). Media dan Gender (Studi Deskriptif Representasi Stereotipe Perempuan dalam Iklan di Televisi Swasta. Profetik Jurnal Komunikasi, 09 (2), 25–32. https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1205

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Zarra, Z. A. V. M., & muhammad, rashda bintang muhammad. (2022). KESETARAAN GENDER DALAM PERSPEKTIF MEDIA IKLAN: Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Media Iklan. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 104–112. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.225

Issue

Section

Articles