ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PESAN MORAL DALAM ISLAM PADA IKLAN AQUA: “SAMBUT KEBAIKAN RAMADHAN BERSAMA AQUA” DI INSTAGRAM PADA TAHUN 2021

Authors

  • Cindi Agustin Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ririn Risnawati Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ahmad Yusron Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.47431/jkp.v2i1.260

Keywords:

Iklan Aqua, Pesan Moral, Instagram

Abstract

Iklan Aqua: “Sambut Kebaikan Ramadhan Bersama Aqua” di instagram memiliki pesan dan maksud yang baik dalam penyampaiannya. Iklan dengan tema bulan Ramadhan ini memiliki pesan moral. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pesan moral yang ada pada iklan Aqua: “Sambut Kebaikan Ramadhan Bersama Aqua” di instagram melalui makna denotasi, makna konotasi, dan mitos dalam analisis semiotika menurut Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis semiotika Roland Barthes, yang membagi  tanda menjadi makna denotasi, makna konotasi, dan mitos. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan  observasi dan dokumentasi. Iklan yang menampilkan kehidupan penyanyi Raissa dalam beberapa periode waktu pada saat momen Ramadhan ini memiliki makna denotasi, konotasi dan mitos sebagai berikut: 1) Makna denotasi merupakan perjalanan setiap momen bulan Ramadhan yang selalu berbeda bersama Aqua; 2) Makna konotasinya yaitu waktu terus berjalan dan tidak akan terulang lagi, kesabaran, proses bekerja keras hingga memproleh kesuskesan, serta kesetiaan yang ditampilkan bahwa produk air minum Aqua menjadi produk minuman yang selalu ada pada setiap momen; 3) Mitosnya ada pesan moral pada tayangan iklan tersebut. Pesan moral yang ada pada iklan tersebut yaitu berdasarkan tiga kategori hubungan yaitu: hubungan dengan Tuhan dilihat dari kaitan beribadah dan hubungan dengan diri sendiri, bertanggung jawab pada diri sendiri, bekerja keras. Sedangkan pada hubungan dengan manusia terdapat pesan moral seperti, tolong menolong, rela berkorban, cinta kasih, dan silaturahmi.

References

Annur, C. M. (2023). Jumlah Pengguna Instagram Indonesia Terbanyak ke-4 di Dunia. KataData.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/04/jumlah-pengguna-instagram-indonesia-terbanyak-ke-4-di-dunia#:~:text=Menurut laporan We Are Social,32

Atmoko, D. B. (2012). Instagram Handbook: Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. Sage Publication.

Darmesta, B. S. (2002). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Darussalam, A. (2017). Wawasan Hadis tentang Silaturahmi. Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis, 8 (2). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tahdis/article/view/7222/5929

Fahimah, I. (2019). Kewajiban orang tua terhadap anak dalam perspektif islam. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 1 (1). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/download/2228/1855

Kartika, A. S., & Kusuma, A. . G. A. A. (2016). Peran Efektivitas Iklan dalam Memediasi Daya Tarik Iklan terhadap Brand Attitude pada Iklan Merek Aqua (Studi pada konsumen Aqua) di Kota Denpasar. Manajemen Unud, 5 (1), 176–206. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/15792/11532

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. PRENADAMEDIA GROUP.

Novitasari, D. (2018). Analisis Mitos Gaya Hidup dalam Iklan ≠ Ada Aqua versi Selfie. Mediakom, 2 (2), 219–237. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35760/mkm.2018.v2i2.1894

Sagiyanto, A., & Ardiyanti, N. (2018). Self Disclosure melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus pada Anggota Galeri Quote). Nyimak Journal of Communication, 2 (1), 81–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v2i1.687

Sarifah, Arfan, & Afriansyah. (2022). Pesan Moral Dalam Iklan Pahlawan Untuk Kakek: Analisis Semiotika Roland Barthes. Journal of Religion and Film, 1 (1), 73–95. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/jrf.v1i1.6

Shimp, T. A. (2001). Periklanan Promosi Pemasaran Terpadu Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remadja RosdaKarya.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Agustin, C., Risnawati, R., & Yusron, A. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PESAN MORAL DALAM ISLAM PADA IKLAN AQUA: “SAMBUT KEBAIKAN RAMADHAN BERSAMA AQUA” DI INSTAGRAM PADA TAHUN 2021. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 2(1), 30–44. https://doi.org/10.47431/jkp.v2i1.260

Issue

Section

Articles