ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PESAN MORAL DALAM ISLAM PADA IKLAN AQUA: “SAMBUT KEBAIKAN RAMADHAN BERSAMA AQUA” DI INSTAGRAM PADA TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v2i1.260Keywords:
Iklan Aqua, Pesan Moral, InstagramAbstract
Iklan Aqua: “Sambut Kebaikan Ramadhan Bersama Aqua” di instagram memiliki pesan dan maksud yang baik dalam penyampaiannya. Iklan dengan tema bulan Ramadhan ini memiliki pesan moral. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pesan moral yang ada pada iklan Aqua: “Sambut Kebaikan Ramadhan Bersama Aqua” di instagram melalui makna denotasi, makna konotasi, dan mitos dalam analisis semiotika menurut Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis semiotika Roland Barthes, yang membagi tanda menjadi makna denotasi, makna konotasi, dan mitos. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Iklan yang menampilkan kehidupan penyanyi Raissa dalam beberapa periode waktu pada saat momen Ramadhan ini memiliki makna denotasi, konotasi dan mitos sebagai berikut: 1) Makna denotasi merupakan perjalanan setiap momen bulan Ramadhan yang selalu berbeda bersama Aqua; 2) Makna konotasinya yaitu waktu terus berjalan dan tidak akan terulang lagi, kesabaran, proses bekerja keras hingga memproleh kesuskesan, serta kesetiaan yang ditampilkan bahwa produk air minum Aqua menjadi produk minuman yang selalu ada pada setiap momen; 3) Mitosnya ada pesan moral pada tayangan iklan tersebut. Pesan moral yang ada pada iklan tersebut yaitu berdasarkan tiga kategori hubungan yaitu: hubungan dengan Tuhan dilihat dari kaitan beribadah dan hubungan dengan diri sendiri, bertanggung jawab pada diri sendiri, bekerja keras. Sedangkan pada hubungan dengan manusia terdapat pesan moral seperti, tolong menolong, rela berkorban, cinta kasih, dan silaturahmi.
References
Annur, C. M. (2023). Jumlah Pengguna Instagram Indonesia Terbanyak ke-4 di Dunia. KataData.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/04/jumlah-pengguna-instagram-indonesia-terbanyak-ke-4-di-dunia#:~:text=Menurut laporan We Are Social,32
Atmoko, D. B. (2012). Instagram Handbook: Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. Sage Publication.
Darmesta, B. S. (2002). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Darussalam, A. (2017). Wawasan Hadis tentang Silaturahmi. Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis, 8 (2). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tahdis/article/view/7222/5929
Fahimah, I. (2019). Kewajiban orang tua terhadap anak dalam perspektif islam. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 1 (1). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/download/2228/1855
Kartika, A. S., & Kusuma, A. . G. A. A. (2016). Peran Efektivitas Iklan dalam Memediasi Daya Tarik Iklan terhadap Brand Attitude pada Iklan Merek Aqua (Studi pada konsumen Aqua) di Kota Denpasar. Manajemen Unud, 5 (1), 176–206. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/15792/11532
Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. PRENADAMEDIA GROUP.
Novitasari, D. (2018). Analisis Mitos Gaya Hidup dalam Iklan ≠ Ada Aqua versi Selfie. Mediakom, 2 (2), 219–237. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35760/mkm.2018.v2i2.1894
Sagiyanto, A., & Ardiyanti, N. (2018). Self Disclosure melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus pada Anggota Galeri Quote). Nyimak Journal of Communication, 2 (1), 81–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v2i1.687
Sarifah, Arfan, & Afriansyah. (2022). Pesan Moral Dalam Iklan Pahlawan Untuk Kakek: Analisis Semiotika Roland Barthes. Journal of Religion and Film, 1 (1), 73–95. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/jrf.v1i1.6
Shimp, T. A. (2001). Periklanan Promosi Pemasaran Terpadu Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remadja RosdaKarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.