STRATEGI KOMUNIKASI PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL ANAK DENGAN PENDEKATAN SWOT DI KABUPATEN CIREBON

MOTEKAR COMMUNICATIONS STRATEGY

Authors

  • Uun Machsunah Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.47431/jkp.v2i2.326

Keywords:

Pelecehan, strategi komunikasi, Motekar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Motekar dalam pencegahan kasus pelecehan seksual anak di Kabupaten Cirebon yang terjadi di 3 tahun terakhir dan menganalisis strategi komunikasi tersebut menggunakan analisis SWOT agar dapat menjadi pertimbangan bagi Motekar Kabupaten Cirebon dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini mengambil 7 (tujuh) orang informan, terdiri dari lima orang informan kunci dan dua orang informan pendukung. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Perolehan data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan Motekar Kabupaten Cirebon merupakan kombinasi dari beberapa elemen komunikasi, yaitu sumber; pesan; media; penerima serta efek. Dalam strategi komunikasi tersebut dilakukan analisis menggunakan Matriks SWOT untuk menghasilkan strategi alternatif yang dapat digunakan, sehingga terdapat empat tipe SWOT Matrix, yaitu Strength-Opportunity (SO), yang merupakan strategi untuk menggunakan kekuatan internal pada Motekar Kabupaten Cirebon untuk meraih keuntungan ketika mendapatkan peluang; Weakness-Opportunity (WO), yang merupakan strategi untuk memperbaiki suatu kelemahan dengan peluang yang ada; Strength-Threats (ST) yaitu strategi yang digunakan Motekar Kabupaten Cirebon melalui kekuatan untuk mengurangi atau menghindari dampak yang diakibatkan oleh ruang lingkup internal; dan Weakness-Threats (WT), yaitu strategi yang dikhususkan untuk bertahan dengan harapan untuk membantu mengurangi dampak dari kelemahan internal dan ancaman dari luar.

References

Bogdan, & Taylor. (1993). Introduction to Qualitative Research Methods A Phenomenological Approach to The Social Sciences (A. Furchan (trans.)). Usaha Nasional.

Cangara, H. (2017). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. RajaGrafindo Persada.

Mulyana, Deddy. (2018). Ilmu komunikasi : suatu pengantar. Remaja Rosdakarya.

Dr. Amir Hamzah, M. A. (2020). Metode penelitian kualitatif : rekonstruksi pemikiran dasar natural research : dilengkapi contoh, proses, dan hasil 6 pendekatan penelitian kualitatif. Literasi Nusantara.

Dr. Elvera, S. E. M. S., & Yesita Astarina, S. E. M. S. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=p2rDEAAAQBAJ

Dulwahab, E., Huriyani, Y., & Muhtadi, A. S. (2020). Strategi Komunikasi Terapeutik dalam Pengobatan Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Kajian Komunikasi Universitas Padjajaran, 8(1).

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. RajaGrafindo Persada.

Rangkuti, Freddy. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Hananah, N., Juwita, R., & Dwivayani, K. D. (2021). Proses Komunikasi Terapeutik pada Pendampingan Anak Korban Kekerasan Seksual di UPTD PPA Kota Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi. Samarinda: Universitas Mulawarman, 9(1).

Handayani, M. (2017). Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak. VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 12(1).

Huraerah, A. (2011). kekerasan terhadap anak. Nuansa Press.

Maslihah, S. (2006). Kekerasan terhadap anak: Model transisional dan dampak jangka panjang. Edukid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 25–33.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. Universitas Indonesia Press.

Murni, S. (2017). Optimalisasi pengawasan orang tua terhadap bahaya pelecehan seksual pada anak di era digital. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 152–156.

Nizak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis.

Priyatna, A., & Uci, O. S. de. (2015). Stop it now! : pelecehan seksual anak : cegah sebelum terjadi! Elex Media Komputindo.

Restuningtas, F. G. E. (2019). Analisa Gaya Hidup Imitasi Remaja dalam Komunitas Maranatha Youthteen di Ungaran. Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW.

Riachard L. Daft. (2010). Era baru manajemen. Salemba Empat.

Sartika, D. (2016). “Motekar” Buku Saku Tenaga Motivator Ketahanan Keluarga. Bandung: Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB).

Sumera, M. (2013). Perbuatan Kekerasan/Pelecehan Seksual terhadap Perempuan. Jurnal Elektronik Bagian Hukum-Hukum Dan Masyarakat Fakultas Hukum Unsrat, 1(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexetsocietatis/article/view/1748

Suryadi, E. (2018). Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tower, C. C. (2002). Understanding Child Abuse and Neglect (5th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

UPT-LBK UNJ. (n.d.). Apa Itu Pelecehan Seksual. Universitas Negeri Jakarta. https://upt-lbk.unj.ac.id/courses-41-lesson/363#:~:text=Pelecehan seksual merupakan bentuk perilaku,%2C benci%2C tersinggung dan sebagainya

Wijayanti, D. (2019). Melindungi Anak-anak dari Pelecehan Seksual.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Machsunah, U. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL ANAK DENGAN PENDEKATAN SWOT DI KABUPATEN CIREBON: MOTEKAR COMMUNICATIONS STRATEGY. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.47431/jkp.v2i2.326

Issue

Section

Articles