GAYA KOMUNIKASI DRAMA RADIO “MEMILIH UNTUK BANGSA” RRI CIREBON

Authors

  • Uun Machsunah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Mim Atiq Auliyah Universitas Muhamadyah Cirebon
  • Rizki Budhi Suhara Universitas Muhamadyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.47431/jkp.v3i1.397

Keywords:

Gaya Komunikasi, Komunikasi verbal, komunikasi nonverbal

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi  dan komunikasi verbal dan nonverbal  pengisi suara drama Radio Republik Indonesia (RRI) Cirebon  dengan  menganalisis dua aspek, yakni pengisi suara sebagai tokoh dan pengisi suara ketika sedang dan akan berkomunikasi dengan sesama rekan sejawat sebelum  tampil dalam  drama radio. Penelitian  menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan  cara observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil  penelitian yang didapatkan:  semua informan dalam memerankan tokoh drama radio memiliki gaya komunikasi bervariasi atau gabungan dari berbagai macam gaya komunikasi, yakni: dominan, dramatis, kontroversial, animasi, santai, atentif, dan bersahabat.   Komunikasi verbal yang digunakan adalah bahasa Indonesia, Jawa Cirebon, Jawa Tegal, dan Bahasa Sunda. Komunikasi nonverbal berupa jabat tangan, jarak antara pemain, dukungan  lighting, peralatan perekam, dan pencahayaan.

References

Abdussamad, Zuhri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Patta Rapanna (ed.)). CV. Syakir Media

Press.

Alo Liliweri. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana.

Anasari, V. F. (n.d.). Gaya Komunikasi Penyiar Radio As Syafi’iyah Pada Program Pesona Irama Melayu. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Sambiosa Rekatama Media.

Auza, A. (2019). Pengaruh Komunikasi Nonverbal Dalam Mewujudkan Komunikasi Yang Efektif Antara Agen Dan Konsumen PT. Axa Financial Indonesia Cabang Medan. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (JEHSS, 1 (3), 156–161. https://doi.org/https://doi.org/10.34007/jehss.v1i3.32

Dataindonesia.id. (2022). No Title. Data Indonesia.Id. https://dataindonesia.id/gaya-hidup/detail/makin-sedikit-orang-indonesia-nikmati-tv-dan-radio-pada-2021

Fadjrie, M. (2016). Budaya Masyarakat Pesisir Wedung Jawa Tengah: Melihat Gaya Komunikasi dan Tradisi Pesisiran. Budaya Masyarakat Pesisir Wedung Jawa Tengah: Melihat Gaya Komunikasi dan Tradisi Pesisiran.

Hudson, J., & Loisa, R. (2023). Deskripsi Gaya Komunikasi Ekspresif Penyiaran Modern Berbasis Audio. KONEKSI, 7 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21422

Jalil, A. (2015). Memaknai Tradisi Upacara Labuhan Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Parangtritis. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 17(1), 101. https://doi.org/10.18860/el.v17i1.3088

Kustiawan, W., Nasution, A., Sari, D. P., Simbolon, J., Muliyani, S., & Wisfa, W. (2022). Radio Sebagai Proses Komunikasi Massa. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2 (3), 78–84. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/juitik.v2i3.349

Lestari, M., Ritonga, S., & Deni, I. F. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio KIIS FM dalam Menjaga Eksistensi Pendengar Khalayak di Kota Padang Sidempuan. Sibatik Journal, 2 (3), 1063–1072. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i3.722

Moleong J., L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remadja RosdaKarya.

Permata, J. L., Santoso, J. B., & Hafsari, M. A. S. (2022). Perancangan Sandiwara Radio Legenda Masyarakat Sulawesi Selatan “cinta datu museng danmaipa deapati.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 (4), 3172–3186. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6003

Prayudha, H. (2005). Penyiar, I’m not just talk. Bayu Media.

Ramadhan, F. H., Zuhriyah, N. F., Marlina, N. S., & Maulani, sma E. (2023). Menggali Potensi Komunikasi Nonverbal dalam Interaksi Manusia pada Pola Komunikasi Lingkaran. Edunity Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2 (2), 308–315. https://doi.org/https://doi.org/10.57096/edunity.v2i2.64

Triartanto, A. I. (2017). Broadcasting Siaran Radio : Teori dan Praktek. Grha Cendekia.

Trinoviana, A. (2017). Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan (Studi Kasus Pada Swaragama Fm (101.7 Fm), Geronimo Fm (106.1 Fm), Dan Prambors Radio (102.2 FM/95.8 FM). Jurnal Komunikasi, 12 (1), 35–50. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art3

Tubbs, S. L., & Sylvia Moss. (2001). Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Rosda Karya.

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Patta Rapanna (ed.)). CV. syakir Media Press.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Machsunah, U., Auliyah, M. A., & Suhara, R. B. (2024). GAYA KOMUNIKASI DRAMA RADIO “MEMILIH UNTUK BANGSA” RRI CIREBON. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 3(1), 28–37. https://doi.org/10.47431/jkp.v3i1.397

Issue

Section

Articles