Komunikasi Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Menurut Teori U-Curve
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v3i2.435Keywords:
komunikasi, Adaptasi, Teori U-curve, MahasiswaAbstract
Penyesuaian diri di perguruan tinggi adalah proses yang harus dilalui oleh semua mahasiswa baru, mirip dengan periode orientasi. Penyesuaian diri merupakan aspek mental penting yang sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. Siswa sendiri secara alami memiliki cara masing-masing untuk menjalani proses penyesuaian. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mahasiswa baru Universitas Aisyiyah Yogyakarta menyesuaikan diri, menggunakan pendekatan Teori Kurva U. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa baru Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode kualitatif untuk memahami suatu fenomena yang dialami oleh individu, seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami culture shock ketika pertama kali masuk perguruan tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa baru perlu menyesuaikan metode pembelajarannya untuk memenuhi tuntutan akademik di perguruan tinggi, yang seringkali lebih mandiri dan menuntut dibandingkan dengan sekolah menengah. Mahasiswa harus mengembangkan keterampilan manajemen waktu, strategi pembelajaran yang efektif, dan kemampuan berpikir kritis
References
Batubara, M. Z. (2023). DARI SUMATERA KE KALIMANTAN: ADAPTASI SOSIAL BUDAYA MAHASISWA BARU ASAL SUMATERA UTARA DI PALANGKA RAYA. 173 | JURNAL ILMU BUDAYA, 11(1).
Brant D. Ruben, & Lea P. Stewart. (2013). Communication and Human Behavior (Komunikasi dan Perilaku Manusia . Rajawali Press.
Conley, C. S., Travers, L. V., & Bryant, F. B. (2013). Promoting psychosocial adjustment and stress management in first-year college students: The benefits of engagement in a psychosocial wellness seminar. Journal of American College Health, 61(2), 75–86. https://doi.org/10.1080/07448481.2012.754757
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Rosda Karya.
Devinta, M., Hidayah, N., Grendi, D., & Uny, H. (2013). Fenomena Culture Shock (Gegar Budaya) Pada Mahasiswa Perantauan di Yogyakarta 1 FENOMENA CULTURE SHOCK (GEGAR BUDAYA) PADA MAHASISWA PERANTAUAN DI YOGYAKARTA.
Dhei, B., Fatmawati S, F., Prasetia, A. D., & Agustin, A. (2020). Hubungan Antara Penyesuai Diri dengan Culture Shock Pada Mahasiswa Nusa Tenggara Timur (NTT) Semester Pertama di Universitas Wijaya Putra Surabaya 37. In Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Vol. 1, Issue 3). www.tribun.com,
Handaja, E. K., Zahra Irngamsyah, I., & Fadhillah, R. (2023). Fenomena Culture Shock Mahasiswa Baru Rantau Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya dalam Proses Adaptasi di Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional. https://jatim.solopos.com
Jamaluddin, M. (2020). Indonesian Psychological Research Model Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru A New Student Adjusment Model. 02(02). https://doi.org/10.2980/ipr.v2i2.361
Judith N. Martin, & Thomas K. Nakayama. (2009). Intercultural Communication in Contexts . McGraw Hill.
Michael John Gates, Richard D. Lewis, Ioun Baratchny, & Mark Brown. (2009). Use of The Lewis Model to Analyse Multicultural Teams and Improve by The World Bank Performance .
Moleong J., L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.
Patawari, M. Y. (2020). Adaptasi budaya pada mahasiswa pendatang di kampus Universitas Padjadjaran Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 103–122.
Redi Panuju. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi, Komunikasi sebagai Ilmu, Komunikasi sebagai Pengantar . Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tri Dayakisni. (2012). Psikologi Lintas Budaya . UMM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.