Analisis Program Key Opinion Leader Collaborations dalam Promosi Brand MORAZEN Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v3i2.437Keywords:
Promosi Brand, Key Opinion Leader (KOL), Manajemen Public RelationsAbstract
Studi ini menganalisis aktivitas Marketing Communication dalam Program Kolaborasi Key Opinion Leader (KOL) untuk mempromosikan brand Hotel Morazen Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis program Key Opinion Leader (KOL) Collaborations dalam promosi brand Hotel Morazen Yogyakarta menggunakan pendekatan manajemen humas. Pendekatan manajemen humas digunakan untuk melihat aktivitas Public Relations yang meliputi: penentuan masalah (defining problem), perencanaan dan pemrograman (planning and programming), aksi dan komunikasi (action and communication), dan evaluasi (evaluation). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Masalah yang dihadapi Hotel Morazen Yogyakartaadalah kesulitan dalam diferensiasi di pasar perhotelan yang sangat kompetitif dan penyampaian pesan yang konsisten. Perencanaan dan pemrograman yang dilakukan meliputi penetapan tujuan, perumusan pesan, penentuan audiens yang tepat, pemilihan saluran komunikasi, dan program KOL Collaborations. Tujuan yang ingin dicapai dalam program KOL Collaborations ini meningkatkan visibilitas merek, membangun kredibilitas merek dan daya tarik merek. Aksi dan komunikasi yang dilakukan adalah berkoordinasi dan berkomunukasi dengan pihak internal maupun eksternal. Evaluasi yang dilakukan meliputi dua hal, yaitu: evaluasi tujuan komunikasi dan dampak dari pelaksanaan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tersebut telah berdampak positif pada merek Hotel Morazen Yogyakartadengan menargetkan audiens yang lebih luas.
References
Allagui, I., & Breslow, H. (2016). Social media for public relations: Lessons from four effective cases. Public Relations Review, 42(1), 20–30. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.12.001
Baharsyam, S., & Wahyuti, T. (2022). Strategi Penggunaan Key Opinion Leader (KOL) Di Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk Sania Royale Soya Oil. Konvergensi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.612
Erfinda, A. R. N. (2023). PERAN KEY OPINION LEADER (KOL) MUJIGAE PADA MEDIA SOSIAL
TIKTOK. Jurnal Sintesa Vol, 2(1).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Ilmi, L. W. M., & Mahendri, W. (2023). Pengaruh Key Opinion Leader, Trustworthiness Dan Risk Perception Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Ms Glow. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 2(2), 403–411 https://doi.org/10.47233/jemb.v2i2.1235.
Juherdin, J. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Pacific Palace Hotel. Prodi Manajemen. skripsi. repository.upbatam.ac.id
Khaeruman, K., Komarudin, M. F., Mukhlis, A., Suflani, S., Hidayat, A., & Afriani, R. I. (2023). UPAYA PENGELOLAAN BRANDING HOTEL MELALUI OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI KUNCI KESUKSESAN DI HOTEL PANTAI MERAK KOTA CILEGON. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 3(3), 314–325 https://doi.org/10.53067/ijecsed.v3i3.127.
Khoirunnisa, S. S., & Pinandito, A. (2023). Pengaruh Atribut Key Opinion Leader (KOL) pada Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen pada Bootcamp Online. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1929–1934 https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12616.
Kholik, J. R. A., & Budianto, I. R. D. (2023). Literatur Review: Penerapan Strategi Pemasaran Digital dan Kolaborasi Influencer dalam Meningkatkan Kesadaran Merek. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 2(2), 422–429 https://doi.org/10.47233/jemb.v2i2.1404.
Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98.
Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif. Harfa Creative: Bandung.
Nugraha, R. N., & Raditia, W. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Hotel Teraskita Jakarta. Jurnal Daya Saing, 9(1), 222–228 https://doi.org/10.35446/dayasaing.v9i1.1071.
Permana, E., Wulandari, A., Fadilah, R. A., & Syamsurizal, S. (2024). Strategi Key Opinion Leader (KOL) Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Wardah. Sosial Simbiosis: Jurnal Integrasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(3), 198–211.
Prayudi, P. (2022). Sustainable tourism in Sleman, Indonesia: government communication strategy in empowering community through the development of tourism village. The Indonesian Journal of Communication Studies, 15(2), 87–104 https://doi.org/10.62383/sosial.v1i3.483.
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas bauran pemasaran pada keputusan pembelian konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17.
Rizki, S. Y., & Amalina, A. (2023). Strategi Marketing Public Relation Traveloka Dalam Promosi Pemesanan Hotel Menggunakan Awkarin sebagai Key Opinion Leader: The Marketing Public Relation Strategy of Traveloka in Promoting Hotel Booking by Utilizing Awkarin as a Key Opinion Leader. Jurnal Media Penyiaran, 3(02), 21–24 https://doi.org/10.31294/jmp.v3i02.3354.
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.
Supratman. (2021). Kolaborasi Dalam Komunikasi Kelompok Menurut Teori Strukturasi Anthony Gidden. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 03(04), 22–31.
Tampanguma, K. S., Kalangi, J. A. F., & Rogahang, J. J. (2020). Kolaborasi Bisnis terhadap Pendapatan Pengelolaan Captikus di Desa Lalumpe. Productivity, 1(4), 322–327 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/view/30063.
Terimajaya, Wayan, Dewi, Luh Sintya dkk. (2024). Dasar Dasar Statistika: Konsep dan Metode Analisis. Sonpedia Publishing. https://buku.sonpedia.com/2024/05/dasar-dasar-statistika-konsep-dan.html
Togubu, R. Y. (2022). Pengaruh Promotions Mix Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 8(1) https://dx.doi.org/10.30813/jhp.v8i1.3205.
Vadiyanur, A., & Yoedtadi, M. G. (2024). Influencer dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Media Sosial. Prologia, 8(2), 467–473.
Yunandhityo, R. A., & Ghifari, F. (2023). Model Produksi Konten TikTok untuk Promosi Produk@ silverfank. Jurnal Audiens, 4(3), 371–382 https://doi.org/10.18196/jas.v4i3.56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.