PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PEMBERDAYAAN BUDAYA DI KELOMPOK SENI LENGGER TAPENG
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v4i1.533Keywords:
komunikasi organisasi, pemberdayaan budayaAbstract
Komunikasi memiliki peran strategis dalam kerja organisasi, sebab komunikasi tak hanya mampu merajut relasi sinergisitas yang terkoordinir yang mempertemukan pemahaman anggota unit, namun juga melahirkan nilai bersama sehingga tercapainya tujuan visi-misi organisasi. Komunikasi di dalam organisasi berdampak pada iklim kolektif dan semangat bersama dalam menjalankan peran masing-masing. Demikian pula dengan Organisasi Kesenian Langger Topeng di Dusun Nglinggo, Kalurahan Pagerharjo, Kulon Progo yang telah ada sejak tahun 1915. Seni pertunjukkan biasanya menggunakan tarian dimana pemainnya mengenakan topeng yang memainkan peran tertentu dengan iringan tembang jawa dan alunan musik tradisi Arab. Dalam pertunjukkan tersebut penari menggunakan beberapa karakter seperti hanoman, bidadari, dan beberapa makhluk mistik lainnya. Kesenian ini juga mementaskan sebuah cerita yang dikhususkan untuk bernadzar dengan melantunkan doa-doa keselamatan bagi tuan rumah atau pihak yang memiliki hajat tempat dilaksanakan pertunjukkan tersebut. Penelitian ini menggali lebih dalam tentang peran komunikasi organisasi dalam transformasi nilai budaya. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah kualitatif dengan cara pengumpulan data lapangan melalui wawancara dan observasi mendalam dengan maksud agar penulis lebih menghayati makna seni tarian topeng. Data yang dikumpulkan, direduksi, lalu dinarasikan. Komunikasi pada Kelompok Seni Lengger Tapeng di Dusun Nglinggo mampu mengalirkan pesan ke semua lini organisasi saling menguatkan anggota sehingga menjadikannya tetap eksis dan produktif di tengah gempuran sosial dan ekonomi masyarakat. Pemberdayaannya terletak pada transformasi nilai budaya yang ditampilkan melalui Seni Lengger Tapeng yang meluas dan menjadi saluran sosial masyarakat dalam memaknai penyelenggaraan hajat hidup bersama sehari-hari.
References
Astrid S. Pil. 1974. Komunikasi dalam Teori dan Praktek. Binacipta: Bandung
Berelson, Steiner. 1964. Human Behavior an Inventory of Scientific. Harcourt: New
York
Brent, Ruben. 2013. Communication and Human Behavior (Ibnu Hamad,
Penerjemah). Jakarta: Rajawali Pers
Geertz, Clifford. (1973). The Interpretation of Culture. New York: Basic Book Inc.
Geertz, Clifford. (1983). Local Knowledge. USA: Basic Books, Inc
HM. Saleh Marzuki. 2010. Pendidikan Non Formal. Mataram : Remaja Rosdakarya
https://dosensosiologi.com/pengertian-peran/
Indah Ramadhan, R., & Kurniawati, D. (2024). PERAN KOMUNIKASI DALAM
PEMBENTUKAN BUDAYA ORGANISASI PADA INSTANSI PEMERINTAH. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa; Vol. 5 No. 1 (2024): NIVEDANA: Jurnal Komunikasi & Bahasa; 1-8 ; 2723-7664 ; 10.53565/Nivedana.V5i1.
Jhon Fiske. 2016. Pengantar ilmu komunikasi. Buku Litera Yogyakarta, Yogyakarta.
Liliweri, Alo. 2017. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Prenada Media
Mardikanto, Soebiato. 2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan
Publik. Bandung: Alfabeta
Mulyana, Deddy. 2020. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Gramedia: Semarang
Prabawa. 2013. Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap
Kinerja Karyawan dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT.TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Negeri SyarifHidayatullah,Jakarta.http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/23854/1/skripsi.pdf,diakses tanggal 21 Januari 2016. Hal.19-43.
Rogers, Everett M. 1994. A History of Comunnication Study : a Biographical
Approach. New York: The Press
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Surokim, dkk. 2016. Riset Komunikasi Strategi Praktis Bagi Peneliti Pemula. Jawa
Timur : Pusat Kajian Komunikasi Publik Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB-UTM dan Aspikom Jawa Timur.
Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia
Tisnawati, Priansa. 2018. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi : (Membangun
Organisasi Unggul di Era Perubahan). Bandung: Refika Aditama
Yuliana, R. (Rahmi). (2012). Peran Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal STIE
Semarang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





.png)