KETELADANAN KEPEMIMPINAN DALAM PENCAPAIAN TUJUAN ORGANISASI PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk BRANCH OFFICE YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v4i1.613Keywords:
keteladanan, pimpinan, tujuan organisasiAbstract
Penelitian berjudul Keteladanan Kepemimpinan Dalam Pencapaian Tujuan Organisasi PT Garuda Indoensia (Persero) Tbk, Branch Office Yogyakarta. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN memiliki kewajiban melaksanakan budaya organisasi BUMN “AKHLAK”. Disisi lain, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memiliki budaya organisasi “The Garuda Way”. Kedua budaya organisasi diimplementasikan di Branch Office Yogyakarta dengan strategi pemimpin memberi teladan untuk stafnya. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif studi kasus, informan ditentukan melalui teknik sampling, data primer diperoleh melalui observasi dan interview. Data primer dan sekunder diintegrasikan dalam konten analisis selanjutnya diverifikasi, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan mengimplementasi budaya perusahaan The Garuda Way, dalam tiga indicator: 1) I AM in Charge, berani mengambil keputusan dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah, memenuhi janji dan komitmen, berpegang teguh kepada nilai moral dan etika; 2) I AM with You, bersikap disiplin dan konsisten dalam segala hal , membersamai customer serta menciptakan hal-hal baru, kreatif & inovatif , menghargai setiap orang apa pun latar belakangnya, suka menolong orang lain, membangun lingkungan kerja yang kondusif;3) Because You Matter bersikap tulus, terbuka, bijaksana dan penuh perhatian dengan memberi pelayanan dan pengalaman terbaik kepada customer, terus menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi, cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik. Dampak keteladanan pimpinan dalam penerapan budaya perusahaan yang di awali dengan melakukan sosialisasi, internalisasi, implementasi dan komitmen kepada seluruh tim menghasilkan peningkatan pelayanan kepada customer serta pencapaian target penjualan yang ditandai dengan kenaikan jumlah penumpang dan penambahan jumlah penerbangan.
References
Abdulai, A. M., Idrisa, O. A., Osman, P. H., & Idrissu, A. B. (2025). Integritas Kepemimpinan: Pilar Strategis untuk Pengambilan Keputusan yang Etis dan Keunggulan Organisasi. Sciencedomain Internasional, 26. E. https://doi.org/10.9734/udara/2025/v26i11233.
Astuti, U. W. A., & Musfiroh, M. F. S. (2023). Targeting Pembiayaan Melalui Kinerja Marketing Landing di BMT Dana Barokah Magelang. Syariati: jurnal studi al-qur`an dan hukum. LP3M Universitas Sains Al Quran, i: 2, 273–289. https://doi.org/10.32699/syariah.v9i2.6120.
Beban, K. M. (2014). Kamu akan selalu bersamaku: sebuah eksplorasi tentang prevalensi dan persepsi tato peringatan. Universitas Memorial Newfoundland.
Campos, D., Bartumeus, F., & Mendez, V. (2017). Dinamika pertemuan yang tidak stasioner: Rata-rata wilayah berharga yang dicakup oleh pencari acak. Universitas Otonom Barcelona, Spanyol. Masyarakat Fisika Amerika, i: 3, 32111. https://doi.org/10.1103/FISIKA.96.032111.
Creswell, J. W. (2016). Educational Research : Planning, counducting, and evaluating quantitative and qualitative research. NJ.
Didit Darmawan. (2022). Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Komitmen: Determinan Efektivitas Organisasi yang Akurat. Journal TIN: Terapan Informatika Nusantara Vol 3, No 7, page 260-266. DOI: 10.47065/tin.v3i7.4121.
Ejemeh Barbara Nchey Achukwu. (2021). Kepemimpinan yang Efektif dan Pertumbuhan Organisasi. Universitas Pendidikan, Winneba.Vol. 4, Edisi: 1, hlm. 610-620
Febrina, D., & Syamsir, S. (2020). Pengaruh Integritas dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. IJRAR: International Journal.
Goldberg, S. C. (2022). Apa yang menjadi hak pembicara. Jurnal Filsafat & Urusan Publik, i: 3, 375–407. https://doi.org/10.1111/ayah.12219.
Hadi, M. (2018). Kepemimpinan Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kuliatas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297. https://doi.org/DOI:
Halil Bajrami, Fadil Lekaj, Venet Shala, Blerona Bajrami, dan Shaip Bytyqi. (2024). Meningkatkan kinerja organisasi melalui kepemimpinan dan komunikasi yang efektif. Journal Edelweiss Publications Inc. Vol. 8, Edisi: 4, hlm. 1810-1821. DOI: 10.55214/25768484.v8i4.1555
Jarusriboonchai, P., HongLi, E. H., Muller, H., & Hakkilä, J. (2020). Selalu Bersama Saya: Menjelajahi Layar yang Dapat Dikenakan sebagai Saluran Komunikasi Ringan dan Intim. Universitas Lapland. https://doi.org/10.1145/3374920.3375011.
Josephides, L. (2022). Mempertanggungjawabkan perbuatannya: mengapa memberikan tanggung jawab itu penting. JRAI: Journal of The Royal Anthropological Institute. https://doi.org/10.1111/1467-9655.13752.
Klusmeyer, D. B. (2014). Akuntabilitas. Ensiklopedia Pemikiran Politik . hal 3-4. https://doi.org/10.1002/9781118474396.wbept0004
Kumar, M. K., Hidayah, I., Pramono, S. E., & Sutopo, Y. (2024). Bagaimana Kepemimpinan yang Efektif Menengahi Pengaruh Budaya Organisasi, Tata Kelola, dan Integritas terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekohumanisme (Issue i). Transnasional Press London. https://doi.org/10.62754/joe.v3i8.4844.
Muhammad Mudhofar dan Tatang Gumanti. (2018). Peran Kepemimpinan Sebagai Pendorong Prestasi Kerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang. Jurnal Politico. Vol. 18. No. 2. Halaman 236-263. DOI:10.32528/POLITICO.V18I2.1658
Pasupuleti, M. K. (2024). Strategi Kepemimpinan Inovatif untuk Kinerja Organisasi yang Optimal. In Halaman 270. https://doi.org/10.62311/nesx/97843.
Siahaan, A., Aswaruddin, A., Maulidayan, M., Zaki, A., Sari, N., & Rahman, A. A. (2023). Etika Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Teladan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Al-ISHLAH, 15(3), 2835–2845. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.1563.
Sugiyanto, S. (2021). Dampak Triangulasi Hasil Terhadap Keberlanjutan Organisasi Dalam Penelitian Kualitatif Studi Kasus Di LKS Hamba Yogyakarta. Jurnal Media Bina Ilmiah, Jilid, 16, terbit, 7219–7232.
Wahdatul Laili dan Mochammad Isa Anshori. (2024). Gaya Kepemimpinan dan Manajemen pada PT PAL Indonesia: Kajian Literatur. JMCBUS: Journal of Management and creative Business. Vol. 2. No. 2. DOI: 10.30640/jmcbus.v2i2.2340
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





.png)