POLA KOMUNIKASI PADA CHELSEA INDONESIA SUPORTER CLUB (CISC) REGIONAL JOGJA
DOI:
https://doi.org/10.47431/jkp.v2i1.282Abstract
Dalam lingkungan sepak bola, suporter erat kaitannya dengan dukungan yang dilandasi perasaan cinta dan fanatisme terhadap tim. Pendukung adalah orang yang memberikan dukungan secara aktif. Suporter berperan memotivasi dan memompa semangat pemain yang sedang berlaga, mereka berkelompok serta menempati area di tribun stadion dengan melakukan aksi dukungan dan atraksi yang terkoordinir. Di Indonesia, sudah banyak bermunculan berbagai macam kelompok suporter sepak bola untuk klub-klub Eropa, atau lebih tepatnya suporter klub. Karena antusiasme masyarakat Indonesia terhadap sepak bola sangat besar maka dibentuklah beberapa kelompok suporter salah satunya Chelsea Indonesia Supporter Club (CISC). Banyak keuntungan yang bisa didapat saat bergabung dengan CISC Regional Jogja yaitu bisa saling mengenal dan menemukan teman atau sahabat baru. Oleh karena itu diperlukan pola komunikasi kelompok untuk menjaga kekompakan dan solidaritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi kelompok di CISC Regional Jogja dengan menggunakan Teori Analisis Interaksi yang menekankan pada pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan segala hal yang berkaitan dengan pandangan atau komentar yang dikemukakan anggota.
References
Akbar, B. (2015). Fanatisme Kelompok Suporter Sepak Bola (Studi Kasus Panser Biru Semarang). Universitas Negeri Semarang.
Effendy, M., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan antara Empati dengan Perilaku Agresif pada Suporter Sepakbola Panser Biru Banyumanik Semarang. Jurnal Empati, 7 (3), 974–984. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2018.21843
Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remadja RosdaKarya.
Gabe, D. T. (2017). Pola Komunikasi Suporter Sepakbola AC Milan Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Milanisti Sezione Tangerang). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Giulianotti, R. (2002). Supporters, followers, fans, and flaneurs. Journal of Sport & Social Issues, 26 (1), 25–46. https://westernsydney.pressbooks.pub/criticalanalysis/chapter/giulianotti-2002-supporters-followers-fans-and-flaneurs
Gumilang, A. S. (2019). Pola Komunikasi Dalam Rangka Menjaga Solidaritas. Universitas Sebelas Maret Solo.
Iskandar, J., & Syueb, S. (2017). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Kelompok terhadap Kohesivitas Kelompok pada Supporter Persebaya Korwil Suramadu. ULTIMACOM Jurnal Ilmu Komunikasi, 9 (2), 90–109. http://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM
Manis, O., & Setyowati, Y. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Kader Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak dalam Memeperjuangkan Kesejahteraan dan Perlindungan Anak. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1 (2), 144–154. https://jurnal.apmd.ac.id/index.php/JKP/article/view/261
Moleong J., L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.
Saidang, & Suparman. (2019a). Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 3 (2), 122–126. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.140
Saidang, & Suparman. (2019b). Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar. EDUMASPUL Jurnal Pnedidikan, 3 (2), 122–126. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.140
Syakura, A., & Madani, M. A. (2022). Aksi Solidaritas Bobotoh Bandung. Republika. https://visual.republika.co.id/berita//rdr1wv283/aksi-solidaritas-bobotoh-bandung?
Syauqi, A. Z., & Setyowat, R. N. (2020). Peran Koordinator Bonek Revolution dalam Meningkatkan Sikap Solidaritas Kelompok dapa Anggota. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8 (2), 626–640. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n2.p626-640
Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Komunikasi Pemberdayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.